Minggu, 19 Agustus 2018 |
Advetorial

Toga dan PMT Rekatkan Warga dan TAC Pertamina -EMP Gelam

Kamis, 28 Mei 2015 23:27:32 wib

JAMBIDAILY ADVETORIAL- CSR SKK Migas Wilayah Sumbagsel melalui  TAC Pertamina-EMP Gelam pada bidang Kesehatan, Pengembangan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di  Posyandu binaan, menjadi magnet tersendiri yang mendekatkan warga  dan  SKK Migas-TAC Pertamina-EMP Gelam.

Hal ini terlihat saat Tim Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi mendatangi Desa Talang Belido  dan menemui beberapa bidang dan warga sekitar Posyandu yang menjadi binaan.

“Kami sangat berterima kasih sekali dengan program Toga dan PMT Posyandu dari SKK Migas - EMP Gelam.  Membuat para orangtua semangat mendatangi posyandu,”ungkap Daryati (38), warga yang ditemui di Posyandu Sugeng Atmojo, Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Senin (25/05).

Dia berharap, program ini nantinya akan terus berkesinambungan dan memberi manfaat bagi warga yang memiliki balita untuk melakukan penimbangan bayi, imunisasi, penyuluhan dan pemberian makanan tambahan.

“Pemberian makanan tambahan ini menjadi daya tarik ibu-ibu untuk membawa anaknya,” ujar ibu dua anak ini.

Sementara itu, Koordinator Promkes Puskesmas Kebon IX, Desy Kurnia AmKg, menyambut baik kegiatan CSR SKK Migas-EMP Gelam dalam bidang kesehatan melalui kerja sama pengembangan Toga dan PMT di posyandu yang telah berjalan sejak 2013 itu sangat membantu pihaknya dan warga sekitar Lokasi kegiatan EMP Gelam.

“Dari kerja sama dengan EMP Gelam, puskesmas kita juga di-support beberapa perusahaan yang peduli dengan kesehatan masyarakat, dan mengantar puskesmas kita merebut beberapa penghargaan,” ujar wanita ramah ini sambil memperlihatkan beberapa tropi.

Dia berharap kerjasama ini akan terus berjalan dengan baik dan dapat memberi manfaat bagi kesehatan masyarakat setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun dari EMP Gelam, kegiatan pengembangan Toga bersama masyarakat,  telah dikembangkan 15 Toga pada 15 titik lokasi yang tersebar di empat desa kawasan ring 1, yakni Desa Kebon IX (5 lokasi), desa Sungai Gelam (4 lokasi), desa Talang Kerinci (3 Lokasi) dan 3 lokasi di  desa Talang Belido.  Masing-masing lokasi memiliki 22 jenis Toga.

Sedangkan kerja sama pada program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk pada 2014 lalu, dengan penerima manfaat 1.147 Balita dan 60 orang Ibu hamil yang didistribusikan setiap bulan pada 15 Posyandu binaan.

Selain Toga dan PMT, CSR lainnya yang dilakukan SKK Migas-EMP Gelam di antaranya, budidaya dan olahan ikan. Lalu, dari Program Kesehatan  meliputi (1) Peningkatan kesehatan Ibu & Anak (kerja sama dengan Puskesmas, Kader & PKK), (2) Pelatihan Kader Posyandu (kerja sama dengan Puskesmas), (3) Kampanye kesehatan masyarakat (kerja sama dengan sekolah-sekolah), (4) Donor Darah & Khitanan Massal (kerja sama dengan puskesmas), dan Tanaman Obat Keluarga (kerja sama dengan Kader Posyandu).

Kemudian, Program Lingkungan meliputi (1) Pelatihan Pembuatan Kompos Organik (Kelompok Tani Sayuran), (2)Inisiasi Bank Sampah (kerja sama dengan Bank Sampah Barokah Bersama), (3) Penghijauan (kerja sama dengan kecamatan), dan (4) Rehab MCK untuk warga.(*)


Tentang EMP Gelam

TAC Pertamina EP – PT EMP Gelam atau yang lebih dikenal dengan EMP Gelam, Jambi, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Sejak Februari 2006, perusahaan ini menjadi salah satu anak perusahaan PT Energi  Mega Persada Tbk melalui akuisisi PT Insani Mitrasani Gelam. Perusahaan ini juga merupakan salah satu bentuk kontrak bagi hasil dan bentuk kerja sama dengan PT Pertamina EP.

Penandatanganan kotrak perusahaan PT EMP Gelam dengan PT Pertamina EP dilakukan pada tanggal 15 Mei 1997 dengan lama kontrak 20 tahun. Di bawah pengelolaan TAC ini, operasi produksi ini dimulai pada Desember 2003 dengan produksi awal 360 barel/hari. Sementara itu, produksi rata-rata di tahun 2013 berkisar 451 barel/hari. Produksi minyak tertinggi tercapai pada 14 Januari 2014 yakni 1.530,5 barel/hari yang diperoleh dari empat sumur produksi. Selain itu, potensi  gas juga sangat signifikan yakni dari Lapisan Talang Akar sekitar 261 MMSCF.

Sampai saat ini, PT EMP Gelam telah berhasil menemukan 20 sumur minyak dan gas bumi. Namun, sekarang hanya empat sumur yang berproduksi, tiga di antaranya merupakan sumur minyak dan satu sumur merupakan sumur gas. Sumur-sumur tersebut sekarang masih mampu  berproduksi secara natural flow.

Kebijakan K3LL

Dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan, perlindungan terhadap pekerja, masyarakat sekitar dan lingkungan adalah sama pentingnya dengan sasaran kegiatan eksplorasi, pemboran dan produksi. Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL) tersebut meliputi :  

1.Melakukan identifikasi, evaluasi dan pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan, dan dampak lingkungan dalam kegiatan operasional, seperti pencegahan insiden, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan.

2.Memenuhi semua persyaratan undang-undang dan peraturan yang terkait serta standar-standar yang berlaku.

3.Memelihara tempat kerja yang aman dan sehat untuk seluruh pekerja termasuk pekerja kontraktor.

4.Memelihara lingkungan secara terus menerus dengan melakukan: Pengurangan emisi gas rumah kaca dan bahan pencemaran udara lainnya; pengelolaan limbah; konservasi air, energi, keanekaragaman hayati dan sumber daya alam lainnya.
5.    Mengelola aspek-aspek K3LL dengan solusi biaya yang efektif.

6.Melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.

7.Menanggapi dengan segera semua keadaan darurat yang terjadi dari kegiatan operasional dengan mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan.

8.Memberikan penghargaan kepada pekerja yang telah memberikan kontribusi berharga dalam pencapaian kinerja K3LL.

9.Secara berkesinambungan meningkatkan kinerja K3LL melalui sistem yang efektif.

Perusahaan       :     TAC Pertamina EP – PT EMP Gelam
Kantor Jakarta  :    Bakrie Tower Lantai 24, Rasuna Epicentrum,  Jl HR Rasuna Said - Jakarta.

Kantor Lapangan:  JL, Nias no.59, RT 17, Kelurahan Handil, Kecamatan Jelutung, Perumnas.

Bisnis         :     Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi
Kontrak     :     Technical Assistance Contract (TAC)
Nama Blo   :     SUNGAI GELAM
Luas Area Blok Operasi  :     55,6 Km2
Kabupaten                    :     Kabupaten Muaro Jambi
Provinsi                         :     Jambi
Tahun Produksi             :      Mulai berproduksi di bawah operator EMP Gelam pada 22 Desember 2003 dengan Produksi inisial minyak 249,1 BOPD dan gas  0,13 MMSCFD
Status Produksi     :     Produksi rata-rata minyak: 525 BOPD
Produksi rata-rata gas:  2,5 MMSCFD

KATA MEREKA:

Bidan Desa Talang Belido
Fauziah AmKeb
“Program PMT ini sangat baik dan membantu program posyandu dan masyarakat. Kita harapkan program ini dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi pada 2015 ini.”
 

Kabag TU Puskesmas Kebon IX
Ary Susilo, SKM.
“Program Toga dan PMT SKK Migas – EMP Gelam ini sangat mendukung program pelayanan kesehatan Puskesmas Kebon IX dalam pengembangan peran Posyandu.”
 

Kader Posyandu Sugeng Atmojo
Ria Hayati (29)


“Dengan PMT dari SKK Migas - EMP Gelam memberi motivasi para ibumendatangi posyandu untuk mengikuti kegiatan penyuluhan, imunisasi dan penimbangan balita.  Program ini sebaiknya terus dilanjutkan dan terasa sangat membantu kami sebagai pengelola posyandu.”

 

KOMENTAR DISQUS :

Top