Kamis, 18 Juli 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Tomas Desa Ladang Peris, Apresiasi TMMD Kodim 0415/Bth

Senin, 24 Juni 2019 22:18:36 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Tokoh Masyarakat, Sanusi (55), mewakili warga Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI.

Khusunya, Kodim 0415/Batanghari yang melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kawasan tersebut. Menurutnya, sasaran jalan sepanjang 3 KM dan lebar 12 meter sangat berguna dalam melancarkan perekonomian masyarakat. 

"Ini harapan baru dengan adanya TMMD, yang nantinya akan meningkatkan perekonomi masyarakat. Rata-rata kami adalah petani karet dan sawit," ucapnya, Senin (24/6).

Menurut Dandim 0415 Batanghari, Letkol Inf Widi Rahman, bantuan tenaga, pikiran serta semangat warga kepada para personel Satgas TMMD jajaran Kodim Batanghari merupakan gambaran dan bukti kepekaan, antusias maupun ucapan terimakasih warga kepada TNI. 

"Hal ini akan sangat menentukan keberhasilan serta percepatan pembangunan baik sasaran fisik maupun non fisik yang hanya ditargetkan selama 30 hari. Adapun tema TMMD 105 tahun 2019 yakni bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Widi.

Untuk diketahui, masyarakat Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang, Batanghari Jambi menghibahkan tanah kepada pemerintah daerah untuk dibangunnya jalan alternatif sepanjang 3 KM dan lebar 12 meter. Masyarakat sukarela tanpa ada suatu paksaan untuk menghibahkan lahannya kepada pemerintah daerah. Nantinya jalan ini menjadi aset daerah.

Menurut Widi, jalan baru tersebut nantinya menghubungkan antara dua RT yakni RT 07 dan RT 13 di Desa Ladang Peris. Pembangunan jalan mulai dari RT 07 sampai RT 13 di Desa Ladang Peris. Dibangunnya jalan alternatif tersebut karena jalan ini merupakan salah satu jalan pusat perekonomian masyarkat.

Menurutnya, secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif. Dengan sistem konsep pembangunan Pendekatan Pembangunan dari Bawah (Bottom-up) dan ditindaklanjuti dengan sistem Pendekatan Pembangunan dari Atas (Top- Down) kerjasama dan koordinasi dengan Pemkab Batanghari maupun instansi terkait serta masyarakat.

TMMD kali ini diselenggarakan oleh Kodim 0415/Batanghari Korem 042 Gapu. Sasaran fisik maupun sasaran non fisik sebagai salah satu wujud bakti kerjasama lintas sektoral antara TNI, kementerian atau lembaga pemerintah maupun non kementerian dan Pemda setempat sekaligus komponen lainnya secara terpadu maupun berkesinambungan dalam upaya akselerasi pembangunan di daerah. 
Kegiatan tersebut dimulai 10 Juli sampai penutupan 8 Agustus 2019.

Widi selaku Dansatgas menyiapkan sebanyak 150 orang terdiri dari anggota Kodim, anggota Yonif R 142/KJ, Yon Zikon, anggota Polres, unsur Pemkab dan masyarakat setempat. 

Personel bersama rakyat akan langsung action melaksanakan program tersebut. Sasarannya pembuatan jalan Desa Ladang Peris sepanjang 3 kilometer dan lebar 12 meter dan pembuatan jembatan kayu dua unit, pemasangan gorong-gorong sebanyak enam titik, dan bedah rumah warga sebanyak 34 Unit.

Kemudian, sasaran non fisik berupa ceramah agama, penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, sosialisasi narkoba, keagamaan, bahaya teroris dan paham radikalisme, KB kesehatan, perikanan atau peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, kegiatan PKK, dan Penyuluhan atau sosialisasi pelayanan publik dan kependudukan.(Pendim 0415/Bth)

KOMENTAR DISQUS :

Top