Senin, 24 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

Tutup tahun 2019 dengan 31 Ribu Pengunjung, TBJ adakan Rembuk Seniman

Rabu, 15 Januari 2020 15:18:02 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, berhasil mencatatkan angka prestasi istimewa, yaitu mampu menghadirkan 31 ribu pengunjung dari 20 program kegiatan yang digelar sepanjang tahun 2019 yang berasal dari DAK 16 program dan 4 program dana Anggaran Pendapatan dan Belanjan Daerah (APBD) provinsi Jambi.

Hasil tersebut jauh melewati catatan tahun 2018, yaitu 16 ribu lebih pengunjung berbagai kegiatan seni "Kami ditargetkan untuk 10 ribu pengunjung per tahun, namun berhasil menyedot lebih banyak. 31 ribu pengunjung di tahun 2019 bukanlah hitungan kasat mata, kami memiliki bahkan Pak Jaffar Rassuh mengamati lebih dari 40 ribu orang datang ke TBJ," Jelas Didin Sirojudin,S.Sn (Selasa, 14/01/2019) pada kegiatan Rembuk Seniman di Ruang Belajar TBJ.

Didin mengungkapkan bahwa keberhasilan itu bukanlah semata-mata karena TBJ tetapi dukungan dari berbagai pihak terutama para pelaku dan penggiat seni yang ada di Jambi "Kami berterima kasih kepada seluruh penggiat seniman, tanpa dukungan dan kreatifitas kawan-kawan maka tidak akan tercapai raihan itu. Mengingat TBJ ini tanpa adanya kegiatan yang didukung oleh para pelaku seni, maka akan sunyi seperti kuburan," Tutur Didin.

Perolehan istimewa di tahun 2019 tidak menjadikan TBJ berpuas diri, maka menatap tahun 2020 berbagai program telah disiapkan, baik itu berupa program lanjutan maupun yang telah menajdi agenda tetap.

"Rembuk seniman ini, agar kami dapat menyampaikan apresiasi kepada seniman secara langsung dan mendengarkan kritik saran. Misalkan ada kegiatan seperti Pameran PALEMJAMBE, disini kami menentukan sama-sama tema apa yang akan diusung, dan kegiatan lainnya," Ujar Didin. 

Dalam rembuk tampak hadir Maestro rupa yaitu Sumardi DS, Jaffar Rasuh, Fauzi Z, lalu Azhar MZ, EM Yogiswara dan pelaku seni dari berbagai genre di Jambi, membahas persiapan dan beberapa kegiatan rencana kedepan dari usul saran seniman, baik yang akan langsung direalisasikan tahun 2020 maupun menjadi rancangan di tahun berikutnya.

"Semoga kami terus dapat berbenah dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang lalu, dan dapat lebih baik lagi untuk kemaslahatan seniman di Jambi khususnya," Imbuh Didin. 

Menjawab pertanyaan jambidaily.com, Didin menjelaskan bahwa tahun 2020 juga rencananya akan dilaksanakan TBJ berupa workshop kritik seni yang ditujukan pada umum dan media "Nanti kita akan lihat kondisi dan perkembangan berikutnya, bisa saja workshop tersebut tidak hanya untuk umum namun juga insan pers, lalu berupa lomba jurnalistik penulisan peristiwa seni di TBJ bahkan Anugerah bagi wartawan dan media," Tutup Didin

 

(Hendry Noesae)

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top