Senin, 24 September 2018 |
Politik

Upss....Ada Apa ??? Kades Sengkati Baru "Pecat" 9 Perangkat Desa

Jumat, 13 Januari 2017 14:33:22 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY PERISTIWA-Sembilan perangkat desa "dipecat" Kepala Desa Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari.  Beredar isu ditengah masyarakat, pemecatan tersebut dilakukan sepihak oleh Kades dan telah mendapat sorotan pihak Kecamatan Mersam.

Menurut sumber yang merupakan salah seorang pegawai Kantor Camat Mersam, menyebutkan, jika penberhentian tersebut bertentangan dengan Permendagri Nomor 83 tahun 2015, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.  Dan ini akan menjadi kesalahan oknum Kades tersebut.

“Iya, Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa ada aturanya, diantaranya meninggal Dunia, Pemberhentian Sendiri, dan diberhentikan. Intinya Kades Sengkati Baru dalam pemberhentian dan Pengangkatan tidak berkoordinasi, dan tidak sesuai dengan Permendagri Nomor 83/2015. Dalam pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa, Kades Sengkati baru di duga tidak melalui sejumlah prosedur atau aturan yang ada,"ujar Sumber tersebut, Jumat (13/01/2017) kepada awak media ini.

Pengangkatan perangkat Desa seharusnya melalui Persyaratan dan melalui proses penjaringan. Apalagi yang dipecat diantaranya Kaur Pem, Kaur Pembangunan, Kadus I, Kadus II, dan Kadus III, beserta lima orang Ketua RT,” katanya.

Terkait persoalan ini, pihak kecamatan beberapa waktu lalu telah melakukan pertemuan bersama Kades Sengkati Baru, Herman Susilo serta sejumlah perangkat Desa yang diberhentikan tersebut.

"Terkait hal ini, kami dari pihak Pemerintah Kecamatan Mersam akan menyampaikan kepada Dinas PMD Batanghari secara administrasi,"pungkas sumber ini.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi dari pihak Kepala Desa Sengkati Baru atas pemecatan perangkatnya tersebut(*)


Penulis     : Syahreddy
Editor      : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top