Rabu, 20 Maret 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Viral Pasien Diduga Kecewa Pelayanan RS MMC Jambi, Waw...Pro dan Kontra Netizen Bermunculan

Rabu, 26 Desember 2018 11:39:26 wib
Foto: Tangkap Layar, Instagram @Info_seputar_jambi

JAMBIDAILY KESEHATAN - Dalam postingan akun Instagram @Info_seputar_jambi (ISJ) pada Senin (24/12/2018) adanya rekaman video pendek diduga berisikan keluhan atas pelayanan Rumah Sakit Mayang Medical Centre (MMC) yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 56, Simpang III Sipin, Kota Baru, Kota Jambi, mendapat beragam komentar dari netizen, baik yang membenarkan, membantah, meragukan bahkan bernada ancaman.

Dari pengamatan jambidaily.com sejak diposting hingga Pukul: 11.50 wib (Rabu,26/12/2018) video berdurasi 30 detik tersebut telah disaksikan 60 ribu tayangan, 6.721 menyukai dan 372 komentar.

"Salah satu pasien di RS MMC mengeluh kepada pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit, sebabnya hampir 24jam tidak ada pelayanan operasi cepat yang dilakukan kepada korban kecelakaan // pihak rumah sakit meminta DP untuk operasi namun saat telah dibayar dan tanda tangan perawat RS MMC malah meminta pasien di rujuk ke rumah sakit lain!!!" Tulis Akun ISJ.

Berikut beberapa komentar dari Netizen:

ucuphotography: Emang Harus dan Wajib ada pengawasan dari Dinas Terkait masalah pelayanan di setiap Rumah Sakit Swasta Maupun RSUD milik pemerintah,apabila emang ada kesalahan dari pihak rumah sakit Wajib untuk di TEGUR ini

paramitha_17: Wiii parah nih saya kira cuman orang tua saya saja yg di giniinnya ternyata semua ya parah nian emang pelayanannyo.

mfarizathaya: Mantap min. Coba dari kemarin di post

kanilamila: Keponakan saya kmren dirawat disitu min, sekarang sudah pulang baguslah pelayanan nya 

syhreza.phlvi: emang gitu min..emang buruk nian pelayanan di rumah sakit mmc ini..saya juga pernah mau berobat kesitu mentang penampilan kusam dikira nya enggak ada uang terus saya disuruh rujuk ke rumah sakit lain padahal udah mendaftar.. 

ningsiihtyaa: Saya sc melahir kan hari jum'at lalu pelayan nan nya Bagus kok.. Malah saya pake bpjs tanpa ada pungutan biaya sepeser pun.. Malah 6 hari saya di rawat. Mau pulang gak boleh".. Tunggu pulih bnget.

veronica88as: Saya sedikit nggk percaya sih min, karna setahu saya biasanya org kecelakan pasti ditindak pertolongan pertama terlebih dahulu, mungkin aja kamar operasinya gk ad ruang lagi, dan ap lagi ruang operasi nggk boleh banyak org dan harus steril, tpi klo udh di DP dioper ke rs lain saya gk percaya

abrory12: @nanaapt lapir aj ni admin dan tu orang yg di vidio kita angota medis baik di anapun berada punya kode etik dan uud laporin balim aj tu hak kita tenaga medis dilarang memotred dan ataupun mebuat vidio di dlm lingkungan rumah sakit dgn hukuman 5 tahun penjara sya lupa psal berapa lapor aj kawn2 dri pihak @RSMMC BAI

abrory12: @margo_ae nk puas kau buat rs dwek cmn krng yg berhubungan dgn tenaga medis lh yg ngerti bos klo klian tau nya sebaik mungkin terkadang sudah di ksih penjelasan dan pelayanan sebaik mungkin tpi di mata pasien ngk pernah baik. Semoga anda sehat selalu ya ntr klo punya rs sendiri sakit di rs nya aj dan suruh anak buah nya aj yg ngobatin jgn ke rs lain selain ke rs anda sebaik2 nya pelayanan rs dan lain2 tetal jelek di mata klian

gitapertiwi: @rizkyasmaraa mhn maaf jg sblmnya ya mas menurut sy admin tidak seharusnya mempublish hal demikian, karna udh ada aturannnya mas. Setau saya Bahwa di area sekitar pelayanan medis dilarang mengambil gambar maupun video dalam bentuk apapun. Misalkan kita kurang puas thd pelayanan nya penyedia fasilitas kesehatan biasanya menyediakan layanan komplain. Nahh mengapa sy katakan memprovokasi dan menghasut, terlihat dari captionya mas, karna admin hanya melihat dari satu sisi, krn penyedia fasilitas kesehatan dalam melakukan tindakan pastinya punya Standar operasional prosedur mas, gabakalan sembarangan

rizkyasmaraa: @gitapertiwi maaf mbak saya bukan mau membela mimin nya, tapi cba lah membaca caption nya dengan baik dan bnar dlu, letak provokasi dan menghasut nya dimana mbak? Disitu dia hanya menginfokan dan jga tidak ada kata2 yg menghasut yg dia buat

gitapertiwi: @rizkyasmaraa kemudian dimana menghasutnya ? Nahh bagian menghasutnya adalah caption admin sperti menggiring opini publik.... Harusnya kita telaah dulu ya sblm membaca sebuah berita. Karna kalau trnyt penyedia fasilitas kesehatan terkait trnyt telah melakukan semua tindakan sesuai prosedur, maka admin bisa dituntut oleh uu ITE. Jaman skrg bukan hanya mulut aja yg tajam mas, kadang kepelintir ngetik pesan aja bisa bahaya. Sy bukan mksud menggurui. Hny mengingatkan, sblm menyebarkan sesuatu itu mbok yo di teliti terlebih dahulu. Kalau bisa jgn malah jadi seperti provokasi

ghiatriya06: Zaman sekarang mahh gtuu. Yang penting duitnya bukan nyawanyaa😁 dri pengalaman sendiri kalau berobat ke dokter, dokternya lagi makan disuruh nunggu siap makan, disuruh nunggu sampai makanan turun. Untung saya blm skrat, nahh kalau udah sekarat masih disuruh nunggu². Meninggal ditempat

antok_putra_dinata8: Ingat waktu 5 thun yang lalu.. d saat mertua saya d rawat d sana.. gak ada tindakan apa2 yg d lakukan dokter ny, padahal sakit luka kecil kena paku, tp krna mertua saya diabet, dan gak ada penanganan yg cepat,hingga berlarut2 mejalar, kami putus kan pindah ke thresia, alhasil keluarga d marahi d treshia oleh dokter sana,karna emang 8 hari d mmc gak ada penangan yg serius,hanya d cek biasa layak ny ornag sakit biasa,paxahal kata dokter d thresia bisa d operasi kecil,sampai akhir ny ajal menjemput nya,.

rahmathidytt: Sebaiknya dilihat dari dua sisi, saya pernah operasi di rs mmc, saya sendiri yg mengalami dan saya merasa pelayanan di rs mmc baik, dokter dan perawatnya ramah ramah, dan ayah saya hampir tiap bulan berobat jalan di rs mmc bahkan hanya menggunakan bpjs tapi pelayanan tidak ada beda nya dgn yg lain, ayah saya pun merasa puas berobat di rs tersebut, jadi jgn cpt terprovokasi, sebaiknya kita harus benar2 menyaring apa kronologis sebenarnya terimakasih

albaiihaqi: @info_seputar_jambi aku bela kau miin nak cak mano pun aku bela kau.kmrn aku balek subuh min ketemu bapak bapak jatuh parah min kejang kejang bapak tu sekli t aku ngadu ke.rmh sakit mmc terus kato satpam t sopir ambulannyo tiduk mobil d dalm katonyo org lg susah tpi satpamnyo cak cak.idk bae untung ado pak hj baik hati mau numpangin mobilnyo bawak krmh sakit, klo dk t laju nyawo org melayang d bantai rumah sakit mmc tu min,alasanyo dk masuk akal

Terdapat satu akun yang menjelaskan kronologisnya

miracleflowers_: @suara_rakyat_jambi umum kok, nggak bpjs. Dokter ada kok, makanya sdh setuju buat operasi. Cm operasi fix jam 8 malam, pas jam 7.40 dikabari kalau nggak bisa operasi disana dan harus rujuk. Sedangkan pasien sdh sangat kesakitan, pucat pasi, dehidrasi. Bayangakan, usus si robek coyyy !! Dan keadaan tersebut bertahan hampir 24 jam tanpa penanganan berarti. Trus, menurutmu keluarga pasien kudu piye ? Selain berinisiatif buat membawa sendiri pasien ke RS lain. Karna saat hampir jam 9 malam, mmc blm menyiapkan ambulance loh, jam 9.04 malam mereka msh menelpon kesana kemari nyari SOPIR AMBULANCE !!! Silahkan nilai sendiri kalau itu keadaan keluarga anda

Dan masih banyak lagi pendapat netizen tertuju pada postingan tersebut, namun tidak sedikit juga Netizen yang mengingatkan bahwa ada konsekuensi hukum terkait penyebaran video tersebut jika ternyata tidak benar

liur88: UU ITE udh ada loh min. Mending di cek dulu kebenarannya...
 
kuuhaku4: Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang No.40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta tindakan ketika ujaran kebencian telah menyebabkan terjadinya konflik sosial N Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal 28 ayat 2 itu berbunyi, "Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Hukuman 6 tahun penjara n denda 1M.. jdi harap jaga kata2 anda... khusus buat admin n masyarakat harus lbih bijak n lihat dulu akar permasalahnnya.. jngan asal post n menebar kebencian.. trimksh... 😮😮😮

Nah, bagaimana pendapat anda terkait informasi tersebut,?

"Halo netizen mimin, saya bukan org bodoh yang memposting berita tanpa tau kebenaran nya! kalo pun saya harus dilaporkan saya siapp dunia akhirat saya siaap!! karna itu sudah resiko saya sebagai pejuang kebenaran terima kasih," Tulis Akun ISJ terkait beragam komentar Netizen dipostingannya.

Sementara itu, jambidaily.com hingga berita ini dilansir belum melakukan konfirmasi dan belum mendapatkan keterangan secara resmi dari pihak RS MMC terkait dugaan informasi pelayanan yang beredar di Media Sosial Instagram tersebut.

Untuk melihat beragam komentar netizen lainnya atas postingan itu silahkan klik tautan ini @Info_seputar_jambi

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top