Senin, 22 Oktober 2018 |
Hukum

Vonis Hakim di PN Tanjabtim 'Dituding' Banyak Tidak Sesuai Dengan Tuntutan Jaksa, Ada Apa ya,?

Senin, 24 September 2018 20:08:10 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Hakim Pengadilan Negeri (PN) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), dinilai banyak memvonis kasus yang masuk dalam persidangan tidak sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Hal itu dikatakan, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjabtim, Rizki Fahrudi mengungkapkan, selain narkoba, Kejari kasasikan perkara karhutla dan lobster.

"Kasus narkoba mendominasi dalam upaya hukum kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum banyak yang tidak sesuai dengan dakwaan jaksa," kata Rizki.

Dikatakanya, dilapangan banyak ditemukan beda persepsi antara Hakim dan JPU terutama, dalam penerapan pasal.

"Kasus dilapangan banyak kita temukan beda persepsi antara Hakim dan JPU terutama dalam persoalan penerapan pasal," Ungkapnya.

Semisal lanjutnya, JPU menerapkan pasal tentang kepemilikan narkoba, namun Hakim lebih menitikberatkan terdakwa sebagai pemakai.

"Jaksa pada umumnya menerapkan pasal tentang kepemilikan narkoba, namun Hakim lebih menitikberatkan terdakwa sebagai pemakai," Ujarnya.

Meski, tidak disebutkan secara rinci jumlah perkara narkoba yang masuk proses kasasi, Kajari memastikan kasus narkoba yang paling mendominasi dalam upaya hukum ini.

"Selain itu upaya kasasi Kejari lainya adalah kasus vonis bebas kebakaran hutan dan lahan serta kasus penyelundupan lobster," Bebernya.

Untuk perkara karhutla, kasasi telah turun dan dalam putusan kasasi terdakwa akhirnya harus menjalani hukuman.

"Namun untuk perkara lobster JPU masih menunggu hasil putusan," Tukasnya. 

 

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top