Selasa, 19 Desember 2017 |
Ekonomi

Wabup Merangin Buka Rakor Dewan Ketahanan Pangan

Kamis, 23 November 2017 14:42:31 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein (Kamis, 23/11/17), membuka rapat koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Merangin. Rakor yang diikuti 60 orang peserta itu, digelar di Ruang Pola Utama Kantor Bupati.

Pada rakor yang dihadiri Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi H Amir Hasbi dan utusan Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi H Hanif Lubis itu, Wabup menegaskan, pangan merupakan komoditas penting.

‘’Meningkatkan pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama. Untuk itu ketahanan pangan harus ditingkatkan,’’ujar Wabup.

Masyarakat lanjut Wabup, berhak memperoleh pangan yang cukup dalam jumlah dan mutu, aman, bergizi, beragam, merata dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Upaya penyediaan pangan sambung Wabup, dilakukan dengan mengembangkan sistem produksi pangan yang berbasis pada sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal.

Selain itu juga dengan mengembangkan efisiensi sistem usaha pangan, mengembangkan teknologi produksi pangan, mengembangkan sarana dan prasarana produksi pangan dan mengembangkan lahan produktif.

Untuk meningkatkan ketahanan pangan itu, dilakukan diversifikasi pangan dengan memperhatikan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal, melalui peningkatan teknologi pengolahan dan produk pangan.

Guna mewujudkan ketahanan pangan tersebut, dilakukan pengembangan sumber daya manusia yang meliputi pendidikan dan pelatihan di bidang pengan, penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidan pangan.

‘’Ketahanan pangan dapat dilakukan dengan peningkatan kesadaran masyarakat, untuk mengkonsumsi anekaragam pangan dengan gizi seimbang,’’terang Wabup dibenarnkan Kadis Ketahanan Pangan Merangin Selamet. (teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top