Kamis, 21 Februari 2019 |
Ekonomi

Waduh ...80 Ribu Bibit Sawit Subsidi Belum Tersalurkan, Ini Kata Disbun Batanghari

Selasa, 19 Januari 2016 21:05:01 wib
Bibit Sawit (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Hingga akhir 2015, sebanyak 80 ribu batang bibit kelapa sawit bersubsidi bantuan Pemerintah Kabupaten Batanghari belum tersalurkan ke petani.

Bantuan subsidi yang dibiayai APBD 2015 itu tidak terealisasi karena terjadi kemarau panjang beberapa bulan, yang dikhawatirkan tidak dapat tumbuh dengan baik.

“Iya, untuk sawit bersubsidi tahun 2015 sebanyak 80 ribu batang belum disalurkan kepada petani. Itu dikarenakan faktor kemarau yang terjadi kemarin,”papar Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Batanghari, H Bakhtiar SP melalui Kabid Produksi pada Dinas Perkebunan, Nurdin Sitanggang, Selasa (19/01) saat ditemuai diruang kerjanya.
 
Namun Dia memprediksi penyaluran bantuan bibit sawit bersubsidi yang belum disalurkan tersebut, akan disalurkan pada bulan Februari 2016 ini.
 
"Bibit sawit bersubsidi pada tahun 2015 itu dihargai Rp 17.250 per batang, akan disalurkan pada Februari

2016 ini."
 
Dan untuk untuk tahun 2016 ini pemerintah Batanghari akan memberikan bantuan bibit

sawit bersubsidi kepada petani, sebanyak 64 ribu batang dan bantuan itu akan disalurkan kepada petani pada tahun 2017 mendatang.  
 
“Kalau soal harganya nanti, itu tergantung kebijakan pak bupati,”jelasnya.

Menurut Nurdin, untuk mendapatkan bantuan bibit sawit tersebut, petani harus memenuhi persyaratan, antara lain, mempunyai lahan kosong, warga pribumi Batanghari, mempunyai sertifikat atau surat-surat yang sah.
 
Satu KK petani sawit mendapatkan bantuan bibit sawit bersubsidi sekitar 20 batang. Dari data yang ada, masih banyak para petani membutuhkan bantuan bibit sawit dari Pemkab Batanghari.

“Ada surat sporadik saja, pemohon bisa mendapatkan bantuan bibit sawit,”pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top