Kamis, 21 Juni 2018 |
Nasional

Wagub : Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Perkuat Pondasi Kebangsaan dan Kenegaraan

Selasa, 19 Desember 2017 22:21:00 wib
Foto: Mulyadi/Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY NASIONAL - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum mengemukakan bahwa sosialisasi empat pilar MPR RI  sebagai upaya untuk memperkuat pondasi kebangsaan dan kenegaraan, terutama bagi generasi muda. Hal trrsebut disampaikan oleh Wagub saat menghadiri Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Selasa (19/12/2017).

Tema Sosialisasi Empat Pilar tersebut adalah "Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Begara."

Wakil Ketua MPR RI, Dr.H.M.Hidayat Nur Wahid,MA dan anggota MPR RI, H.Sidi Hermanto Tanjung,SE,ME sebagai narasumber dalam sosialisasi Empat Pilar itu.

Dalam sambutannya, Wagub menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan merupakan suatu langkah yang positif dan strategis untuk memperluas wawasan dan menggali berbagai potensi yang terbaik dalam mencari dan mengembangkan potensi para remaja terutama di Provinsi Jambi.

"Saya mengharapkan dengan mengikuti acara sosialisasi ini, para peserta dapat meningkatkan wawasan serta menciptakan rasa kekeluargaan, kekompakan, kerjasama dan dapat bersosialisasi antar sesama masyarakat," ujar Wagub.

Wagub menjelaskan, rasa kecintaan generasi muda kepada Bangsa Indonesia sudah mulai menurun dan memudar serta rasa nasionalisme dikwatirkan bisa lenyap seiring dengan makin kompleknya dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. "Pesatnya perkembangan globalisasi dan teknologi tidak hanya mempengaruhi kultur budaya bangsa, yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, selama ini menjadi acuan kehidupan berbangsa tidak lagi menjadi pandangan hidup, tidak heran kalau berbagai permasalahan yang terjadi akibat lemahnya nilai-nilai nasionalisme," ungkap Wagub.

Menurut Wagub, perhatian generasi muda pada nilai-nilai luhur bangsa itu adalah modal dasar munculnya generasi muda yang berkualitas, berkarakter, dengan rasa nasionalisme tinggi dan gemar bekerja keras.

"Generasi muda yang berkarakter kebangsaan yang kuat dan pekerja keras akan mampu menjadi penyelamat negara ini termasuk menjadi pimpinan nasional. Generasi muda, mahasiswa jangan takut untuk menggapai itu semua, asal bekerja keras maka Insya Allah akan tercapai," katanya.

Lebih lanjut, Wagub mengatakan, para generasi muda sangat penting untuk mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan, karena masih banyak generasi muda yang belum mengetahui sehingga salah dalam berpendapat dan bertindak.

Wakil Ketua MPR RI, Dr.H.M.Hidayat Nur Wahid menyampaikan, Bangsa Indonesia terdiri berbagai suku, ras, dan agama, peran umat Islam dalam memperjuangkan kemerdekaan sangat perlu diapresiasi dan dilanjutkan, banyak tokoh dan pejuang Islam di masa lalu seperti Muhammad Nasir, Muhammad Roem, Safrudin Prawiranegara, Agus Salim, dan Wahid Hasim. “Mereka ini tokoh-tokoh bernas yang berperan penting dalam menyusun dasar negara, konstitusi, dan mempertahankan NKRI," Hidayat.

Selain itu, Hidayat Juga mengajak umat Islam untuk terus berperan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan bidang politik, birokrat dan bidang lainya.

Turut serta dalam acara tersebut, Forkopimda Provinsi Jambi, Direktur Forum Peduli Remaja Jambi, Johanes Auri,S.Pd, dan para peserta dari perwakilan SMA/SMK se Kota Jambi, para mahasiswa universitas yang berada di Kota Jambi, dan para undangan lainya. (Sapra Wintani/Mustar/Humas Pemprov Jambi) 

KOMENTAR DISQUS :

Top