Selasa, 15 Oktober 2019 |
Ekonomi

Wah....Dana Gemma Desa Distop, Desa Kehilangan Anggaran Rp 300 juta

Minggu, 20 Maret 2016 07:52:43 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Pada 2016 ini, Pemkab menghentikan (stop-red) kucuran alokasi Rp 300 juta, Program Gerakan Membangun Keberdayaan masyarakat Pedesaan (Gemma  Desa) distop kucurannya untuk 114 desa dan 20 Kelurahan dalam 13 Kecamatan se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Program Gemma Desa, merupakan program Pemkab Tanjabbar pada kepemimpinan bupati terdahulu, yang diperuntukkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program gemma desa untuk sementara kita stop, karena double account.  Ada Dana Desa ada Dana Gemma Desa,"jelas  Bupati Tanjung Jabung Barat, H Safrial, kepada sejumlah awak media, baru ini, terkait penghentian dana Gemma Desa tersebut.

Penghentian program tersebut, dikhawatirkan terjadi tumpang tindih antara kucuran bantuan Dana Desa berasal dari APBN dengan program bantuan Gemma Desa yang digagas Pemkab Tanjab Barat.

Ini merujuk pada kewenangan Pemerintah Kabupaten dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa pada Pasal 112-115 disebutkan bahwa Pemkab berwenang memberdayakan, membina dan melakukan pengawasan terhadap pemerintahan desa,"jelasnya.

"Kita lihat dulu, karena dana desa ini cukup, paling-paling nanti kita memperbanyak desa untuk penyerapan dana desa yang maksimal," demikian katanya. (jambidaily.com/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top