Kamis, 18 Juli 2019 |
Wisata & Budaya

Wartawan dan Seniman Jambi Gelar Pertunjukan Galang Dana untuk Pak Saidin

Rabu, 26 Juni 2019 00:47:07 wib
Happening Art, Ide Bagus Putra/Foto: Jambidaily.com/HendryNoesae

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Para Jurnalis dan Seniman di Provinsi Jambi menggelar acara penggalangan sebagai bentuk kepedulian untuk membantu biaya pengobatan, seorang mastro seni dul muluk asal Kabupaten Muaro Jambi, Saidin (55).

Saidin tengah berjuang melawan tumor ganas yang dialaminya selama setahun belakangan. Penggalangan dana digelar di Teater Arena Taman Budaya Jambi, Telanaipura Kota Jambi, Selasa malam (25/6/2019) didukung penuh oleh Taman Budaya Jambi, Teater Tonggak, Sakti Alam Watir dan Unsur Wartawan serta lainnya.

Khusus Malam Penggalangan Dana itu diinisiasi tujuh jurnalis dan seniman, yakni Sakti Alam Watir, Irma Tambunan (wartawan Kompas), Nining Antero (Ketua Forum Jurnalis Perempuan), Hery Rawas (Sekretaris PWI dan Jambidaily), Jogi Sirait (Kepala Biro Jambi GATRA Media Grup), Putra Agung (Pemred Sitimang.com, dan Didin Sirojudin (Kepala Taman Budaya Jambi).

Humas Panitia Acara, Hendry Nursal menyebutkan, kegiatan yang dimulai sejak pukul 19.30 WIb sampai pukul 10.30 WIB tersebut dihadiri tidak kurang dari 200 orang berbagai kalangan baik itu unsur wartawan, seniman berbagai genre, maestro pelukis Jambi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi, Ujang Hariadi, Kepala Taman Budaya Jambi, Didin Sirojuddin, Anggota DPRD Provinsi Jambi Epi Suryadi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Taman Budaya Jambi Didin Sirojudin dan Kadis Budpar Provinsi Jambi, Ujang Hariadi, turut mendukung sebagai bentuk solidaritas bagi seniman yang membutuhkan pertolongan. 

Dari banyaknya seniman yaitu Jafar Rassuh, Fauzi Z, Azhar MZ dan Sumardi DS, ikut serta menyumbangkan lukisan untuk dilelang menunjukkan kekuatan panggilan kemanusiaan.

Selain itu, tidak hanya yang hadir saja turut memberikan donasi namun ada juga, seperti Cek Endra Bupati Sarolangun menyampaikan Donasi melalui Utusan, Kapolda Jambi Drs. Muchlis A.S., M.H, Walikota Jambi Drs Syarif Fasha dan berbagai pihak dari kalangan pengusaha dan lainnya di provinsi Jambi.

Panglima Anjali, Adri SH MH datang langsung ke Taman Budaya Jambi dan hadir kedepan panggung menyerahkan donasi dari Cek Endra.

“Saya menyampaikan amanah dari Bang Cek Endra. Beliau peduli dan turut membantu meringankan beban Sang Maestro kita,”ujar Adri SH MH kepada wartawan.

Kegiatan tersebut dihibur oleh Musikalisasi puisi Teater Alif dan Kerlip, Hapenning art dari Ide bagus Putra, Pembacaan Puisi oleh Hendry Nursal dan Didin Siroz, Musik tradisi zikir berdah, tari topeng Muaro Jambi, pameran lukisan.

"Dana terkumpul malam ini sebesar Rp 20.815.000. Kemudian kita juga menggelar lelang karya lukisan dari  Jafar Rassuh bergambar Pulau Berhala, Fauzi bergambar Gentala Arasy, Azhar Mz bergambangkan Incung dan karya Sumardi DS bergambarka Ornamen, untuk Pak Saidin," ujar Hendri, yang notabene Redaktur Pelaksana jambidaily.com tersebut disela acara.

Inisiator utama penggalangan, Irma Tambunan menyebutkan, pengumpulan dana tersebut berawal dari artikel yang tayang di media cetak yang kemudian menarik solidaritas melalui kitabisa.com membuka dompet 'bantu pak saidin' Kemudian berlanjut solidaritas-solidaritas lainnya di beberapa daerah. Hal itu juga memantik kepedulian sejumlah artikel berita kawan-kawan wartawan lainnya. 

Menurut Irma, sejak dibukanya donasi telah terkumpul sebanyak Rp.93 Jutaan ditargetkan sebesar Rp200 juta selama 60 hari.

"Kemudian kami menggelar malam pengalangan dana pada malam hari ini sembari menunggu dana lainnya  terkumpul, dalam minggu ini kami sudah mulai bisa membawa pak Saidin menjalankan operasi di RS Kota Palembang," ujar Wartawati Kompas tersebut.

Selain menggelar penggalangan dana di Jambi, kata Irma, para seniman disejumlah daerah lainnya, seperti Riau dan Medan, yang merangkul seluruh warga maupun seniman di daerah Sumatera untuk sama-sama menolong Saidin. 

Sementara itu, Keponakan Saidin, Adi Sumanto, menyebutkan, saat ini kondisi pamannya sedang dalam keadaan terbaring lemah diatas kasur rumahnya yang beralamat di Kabupaten Muaro Jambi. 

"Walaupun kita semua tidak saling kenal. Kami keluarga mengucapkan banyak terima kasih dengan penggalangan dana untuk menbiayai Pak Saidin. Pak Saidin mesti menjalani kemoterapi ke Palembang karena keterbatasan dana, beliau mengurungkan niatnya untuk berobat," ujarnya.

Menurutnya, penyakit Saidin mulai dikeluhkannya sejak satu tahun lalu. Membengkaknya tumor ganas pada bagian leher sebelah kanan tersebut mulai dialami selama enam bulan lalu. Meski sedang sakit parah, Saidin masih tetap menjalani aktivitas seharinya dengan membuat karya sebagai seniman.

"Sebelumnya beliau sempat dibawa ke puskesmas dan RS Bayangkara untuk menjalani perawatan," ujarnya.

 

(Hendry Noesae)

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top