Senin, 22 April 2019 |
Peristiwa

Wartawan Jambi Yang Penuh Dedikasi Itu Telah Pergi

Kamis, 14 Mei 2015 19:49:25 wib
Alamrhum Sudaryanto, bangga menggunakan seragam wartawan

JAMBIDAILY PERISTIWA-Berita duka menerpa www.jambidaily.com dan PWI Provinsi Jambi, karena salah satu wartawanya yang memiliki dedikasi dan kecintaan terhadap dunia kewartawanan, meninggalkan orang-orang yang mencintainya untuk selamanya.

"Innalillahiwainnalilahirojiun, selamat jalan kawan sekaligus guru saya Sudaryanto, semoga amal dan ibadahmu diterima disisiNYA.  Terima kasih buat segalanya,"demikian salah satu status Blackberry Massanger Wartawan www.jambidaily.com, Nazarman, Kamis pagi (14/05).

Dimata Nazarman, sebagai kolega yang sering melakukan kegiatan bersama selama Almarhum Sudaryanto bertugas di Humas Pemkab Merangin, Almarhum adalah sosok yang selalu menyemangati teman-teman wartawan muda di Bangko.

Tak hanya Nazarman, Bahkan Ketua PWI Provinsi Jambi, Drs H Mursyid Songsang yang turut hadir dirumah duka, merasa sangat kehilangan dan mengagumi keuletan almarhum dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pendidikan kewartawanan.

"Almarhum ini memang wartawan yang memiliki dedikasi dan kecintaan yang tinggi terhadap dunia kewartawanan,"jelas pria yang sering disapa Bang Mursyid ini.

Diceritakannya, dengan kondisi yang kurang sehat, almarhum terus bersemangat mengikuti pelatihan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI-I).

Bahkan Almarhum rela mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) hingga lulus pada UKW kedua yang diikutinya.

"Lulus UKW itu merupakan cita-cita Almarhum.  Dan atas semangatnya, Dia lulus sebagai wartawan muda,"jelas Alumnus Lemhanas RI ini haru.

Dalam catatan www.jambidaily.com sendiri, sosok Almarhum merupakan redaktur yang selalu memberi semangat pada wartawan-wartawan muda betapa menjadi wartawan itu tidak muda, dan dibutuhkan dedikasi, semangat juang dan terus belajar.

Pernah dalam satu kesempatan, Almarhum yang merupakan PNS dibagian Humas Pemkab Merangin saat itu, mendampingi managemen www.jambidaily.com menemui Bupati Merangin, H Al Haris di rumah dinasnya.

Dalam pertemuan singkat dan berlangsung akrab itu, jiwa kewartawanan almarhum seakan melupakan bahwa Dia merupakan pejabat humas, dengan mengajukan pertanyaan tentang pembangunan salah satu jembatan di Merangin.

Tak urung mendapat pertanyaan itu, H Al Haris sedikit terkejut. Beruntung orang nomor satu Merangin itu, terbiasa menghadapi kerja awak media dan mengenal sosok Almarhum, tak urung, Dia membalas senyum dan memberi penjelasan singkat.

"Pak Daryanto memang wartawan sejati, bahkan Dia lupa kapasitasnya saat itu sebagai humas,"komentar GM www.jambidaily.com dengan rasa kagum.

Memang pada akhirnya, tak akan cukup kata untuk mengungkap betapa kecintaan, semangat dan dedikasi seorang Sudaryanto akan menjadi kenangan para wartawan yang pernah bersamanya.

Dengan segala kerendahan hati, kami dari redaksi www.jambidaily.com, meminta maaf dan keikhlasannya, bila selama melaksanakan tugasnya sebagai wartawan ada kesilapan.  Tapi satu hal yang pasti, semua itu dilakukannya karena kecintaanya pada dunia kewartawanan yang ditekuninya berpuluh-puluh tahun hingga akhir hayatnya.

Selamat jalan sahabat kami, jasadmu telah perg dan terkubur di TPU Kebun Daging Simpang III Sipin Kota Jambi.  Namun semua kebaikanmu, kecintaan dan semangatmu, serta karya-karyamu akan selalu menjadi kenangan kami.(jambidaily.com/HFR)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top