Kamis, 16 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Waspada Mom, Jari Kaki Bayi Terlilit Seutas Benang Bisa Jadi Malapetaka

Kamis, 12 April 2018 09:09:44 wib
Hair Tourniquet/Foto: copyright wikipedia.org

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Mom, perhatikan baik-baik lingkungan sekitar si kecil saat ia bermain atau pun akan tidur. Karena kita tidak pernah tahu kapan kah bahaya datang, meski melalui hal-hal remeh yang tak terlihat. Seperti seutas rambut atau pun benang.

Sehelai rambut atau benang yang mengikat kuat bagian tubuh, bisa menghentikan sirkulasi darah dan tentu saja hal berbahaya. Dalam dunia kedokteran, peristiwa ini disebut hair tourniquet. Hair tourniquet biasanya terjadi pada jari tangan, jari kaki, lengan, penis, lidah dan bagian tubuh lain.

Bayi dan anak kecil rawan mengalami hair tourniquet yang diakibatkan rambut atau benang yang menjuntai di dalam kaos kaki. Biasanya mereka akan merasa gelisah dan tidak nyaman, diikuti dengan pembengkakan pada bagian yang terlilit karena sirkulasi darah melalui pembuluh yang terjerat.

Pada kasus yang parah, bengkak disertai luka bisa menyebabkan jari tangan atau kaki diamputasi.

Nah, Mom, jika mendapati anak tidak nyaman atau menangis terus-menerus, cek seluruh bagian tubuhnya. Pastikan pula area bermain dan tempat tidurnya bebas dari benang, rambut dan serat kain. Jika ada anggota keluarga yang rambutnya rontok, bersihkan segera sebelum anak menjangkaunya. Jika mendapati  pada anak, segera potong benda yang mengganggu atau bawa ke rumah sakit untuk penanganan yang lebih profesional.


(vem/wnd)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top