Kamis, 19 Juli 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Waspada...Tercatat 74 Kasus Penyakit Kaki Gajah di Batanghari

Senin, 12 September 2016 21:41:35 wib
Ilustrasi Kaki Gajah (google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Dua Kecamatan dalam Kabupaten Batanghari menjadi kawasan Endemik Penyakit Kaki Gajah (Filarisasi).

Hal ini terlihat dari 74 kasus secara akumulasi dari 8 Kecamatan yang ada.  Kecamatan Pemayung dan Bathin XXIV menjadi kawasan endemik penyakit kaki gajah, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari H. Ayub Khan, M.Kes melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehayan Lingkungan (P2PL) Almicab S.KM, Senin 12 September 2016 kepada jambidaily.com.

Dijelaskannya, penyakit kaki gajah ini bukanlah penyakit keturunan, namun merupakan penyakit menular melalui gigitan nyamuk. S

Dan hingga saat ini, belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit kaki gajah tersebut.

Untuk itu, upaya mencegah penyebaran penyakit kaki gajah ini harus dilakukan secara maksimal.

Sebagai upaya memutuskan penyebaran penyakit ini, secara nasional setiap bulan Oktober, sejak 2012 lalu, selama 5 tahun masyarakat diajak untuk meminum obat secara serentak.

"Tahun 2016 ini merupakan tahun terakhir masyarakat untuk minum obat ini. Kemudian, untuk 2 tahun mendatang dilakukan evaluasi dan melihat hasil pengobatan,"terang Almicab.

Diakuinya, kesadaran masyarakat akan penyebaran penyakit ini cukup tinggi.  Ini ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat yang minum obat yang dibagikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan Batanghari.

"Tahun 2015 lalu, partisipasi masyarakat minum obat ini sudah lebih dari 90 persen.  Artinya masyarakat sudah memiliki kesadaran tinggi untuk pencegahan penyakit kaki gajah ini,"klaim Kabid P2PL Batanghari ini.(*)

Penulis   : Syahreddy
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top