Jumat, 20 Juli 2018 |
Profil & Tokoh

Wenny Ira Reverawati S.IP MHum : Setialah Pada Cita-Cita

Selasa, 31 Mei 2016 13:34:08 wib
Ira Reverawati S.IP MHum

JAMBIDAILY PROFIL-SEDERHANA dan kritis itulah kesan pertama sosok pemilik nama Wenny Ira Reverawati S.IP MHum, saat menerima kunjungan jambidaily , baru ini di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Nurdin Hamzah Jambi kawasan Sipin Kota Jambi.

Bincang-bincang renyah tanpa menghilangkan sikap kritisnya, terus mengalir dari akademisi muda kelahiran Pemenang Bangko 1983 lalu ini, terutama tentang dunia pendidikan dan perkembangan masyarakat sesuai bidang yang ditekuninya sebagai dosen.

Menurut wanita yang memiliki motto hidup "Setialah pada Cita-cita ini", ada hal krusial dalam dunia pendidikan dewasa ini yang perlu terus didorong, agar terjadi perubahan mindset tentang pendidikan yang hanya didedikasikan sebagai sarana mendapat jabatan dan prestise semata.

Pendidikan sejatinya akan menjadi penggerak dan motivator untuk hal yang lebih besar dalam pengembangan masyarakat serta pembangunan daerah, khususnya dan nasional umumnya kearah yang lebih baik lagi.

"Kita perlu mendorong dan mengembangkan pendidikan berlandaskan pada Need for Achievement (NAch), agar kekayaan SDA kita selaras dengan kemampuan SDM putra-putri Jambi sendiri,"terang pengampuh studi-studi Kepemerintahan STISIP NH ini.

Dicontohkannya, sejumlah negara-negara maju menggunakan konsep NACH ini.  Sehingga SDM yang dihasilkan dari pendidikan negara tersebut memiliki Kebutuhan Untuk Pencapaian yang ditetapkan dan melebihi kebutuhan negaranya.

Meminjam pendapat David M cClelland, Need for Achievement (NAch), menyatakan bahwa kebutuhan pencapaian adalah suatu dorongan untuk pencapaian standart dan mereka akan berjuang untuk mencapai hasil tersebut.

"Artinya, melalui pendidikan berdasarkan Nach akan melahirkan SDM-SDM yang dapat mempersembahkan inovasi dan perubahan untuk kemajuan daerah dan bangsa,"contoh Alumnus Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta ini.

Ada satu hal yang tak kalah pentingnya dalam mendorong kemajuan pendidikan di Provinsi Jambi, menurut penikmat buku ini, adalah ketersediaan perpustakaan yang dikelola oleh SDM profesional yang dilandaskan pada kecintaan terhadap buku-buku dan ilmu pengetahuan.

Melalui ketersediaan perpustakaan yang digawangi para pecinta buku yang profesional dalam pengelolaan perpustakaan umum, akan tersedia buku-buku yang dibutuhkan masyarakat dan kenyamanan yang membangkitkan minat baca.

Tak bermaksud membandingkan, bagaimana pelayanan dan kecintaan petugas-petugas perpustakaan di Yogyakarta, hingga masyarakat Kota Gudeg itu sangat mencintai buku dan hobi membaca buku.

Melalui pemberdayaan pendidikan yang menganut NACH dan ketersediaan dan kenyamanan perpustakaan sebagai infrastruktur pendukung, maka akan lahir SDM Provinsi Jambi yang handal untuk mengelola kekayaan Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

Dan satu hal yang paling penting, menurut Magister Hukum (S2) UGM Yogyakarta ini, adalah setiap kita Setia Dengan Cita-Cita yang pada akhirnya akan membuat setiap individu memiliki capaian tertinggi pada bidang masing-masing, ungkap Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STISIP Nurdin Hamzah Jambi ini.

"Sebuah ruangan tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa,"mungkin itulah ungkapan yang pas memakai kata bijak filsuf Romawi, Marcus Tullius Cicero.(*)

=======================Curiculum Vitae========================

Nama Lengkap     : Wenny Ira Reverawati
Tempat Lahir        : Pamenang-Merangin
Tahun Lahir          : 1983
Pendidikan            : S1 Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta
                                S2 Magister Hukum UGM Yogyakarta
Karir :  
•    Staf Pengajar Program Studi Studi Kepemerintahan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Nurdin Hamzah Jambi
•    Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STISIP Nurdin Hamzah Jambi
•  Ketua Project Rural Community Development dan Urban Community Development STISIP Nurdin Hamzah Jambi

Hoby :  Membaca, menulis, berdiskusi dan berinteraksi sosial

 

KOMENTAR DISQUS :

Top