Jumat, 24 Mei 2019 |
Wisata & Budaya

Workshop Teater di TBJ, Peserta Dapatkan Ilmu Teori dan Praktek

Senin, 22 April 2019 21:01:47 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Workshop teater yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ), Peserta akan mendapat ilmu teori dan praktek penyutradaraan.

Pemateri dihadirkan dalam workshop yang berlangsung, tanggal 22 - 24 April 2019, yaitu Rachman Sabur, Jose Rizal Manua dan EM Yogiswara. Serta diikuti 44 peserta berbagai kalangan atau komunitas dari Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Kepala TBJ, Didin Sirojudin S.Sn, menuturkan bahwa adapun kuota peserta 40 orang namun tingginya antusiasme, sehingga melebihi target.

“Workshop ini kuotanya 40 peserta, namun respon positif dan antusiasme yang tinggi sehingga melebihi dari target. Ini bukti bahwa kawan-kawan teater peduli dan respon terhadap kegiatan TBJ. Kami juga mengundang dari kabupaten, namun saat ini baru diikuti kabupaten terdekat. Untuk kawan-kawan kabupaten kami sediakan wisma sebagai tempat menginap,” Terang Didin Siroz.

“Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat mengemas seni pertunjukan lebih berkualitas, selain itu kedepannya dapat berlanjut tidak berhenti disini saja. Besok kita juga akan di teater Arena, jadi kita dapatkan tidak hanya teori namun tentu secara prakteknya,” Pungkas Didin Siroz.

Lalu harapan hadirnya sutradara-sutradara muda dapat lahir di Jambi kedepannya sebagai efek jangka panjang dari Workshop tersebut seperti yang disampaikan oleh Drs Ujang Hariadi, Kepala Disbudpar provinsi Jambi.

“Silahkan fokus ikuti workshop, karena pemateri kita langka, kedepan diharapkan hadirnya sutradara2 muda di Jambi. Ranah Budaya kita masih sangat luas bisa ditampilkan atau dipergelarkan. Dengan belajar penyutradaraan ini maka banyak yang dapat dikembangkan, bagi peserta timbalah ilmu semaksimal mungkin dari pemateri ini, bersungguh-sungguh, fokus serta jangan malu untuk bertanya,” Ungkap Ujang Hariadi.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top