Minggu, 19 Agustus 2018 |
Peristiwa

Wow...PA Muara Bulian, Sidang Isbat Nikah 550 Perkara

Senin, 18 Januari 2016 21:11:48 wib
Persidangan PA (ilustrasi google.co.id)

JAMBIDAILY PERISTIWA-Dari perkara yang masuk, Pengadilan Pengadilan Agama Muara Bulian bakal melaksanakan Sidang Isbat Nikah hingga 550 perkara pada 2016.

"Tahun 2016, PA Muara Bulian menetapkan 550 perkara untuk sidang isbat nikah,"papar Wakil Panitera PA Muara Bulian, Izzami Taufiq, kepada jambidaily.com, Senin (18/01).

Menurutnya, Sidang Isbat Nikah merupakan salah satu persidangan yang digelar PA untuk pengesahan pernikahan yang diajukan ke pengadilan agama, agar dinyatakan sah dan memiliki kekuatan hukum.

"Sidang ini diadakan bagi pasangan yang pernikahannya belum dicatat negara, kehilangan buku nikah, atau alasan yang lainnya."

Banyak pasangan menikah di Kabupaten Batanghari yang belum memiliki buku nikah atau tercatat di KUA.

"Biasanya alasan biaya, lokasi yang jauh, atau sudah hamil terlebih dahulu yang membuat masyarakat menikah tanpa dicatat di KUA atau istilahnya nikah siri, " jelasnya.

Penetapan sidang isbat nikah bisa dilakukan oleh satu hakim, dan sidang bisa digelar sekali, asalkan semua persyaratan sudah lengkap.

Dijelaskannya, bagi warga yang ingin mendaftarkan sidang isbat nikah, harus melampirkan persyaratan administrasi, foto copy KTP Pemohon, foto copy surat keterangan dari KUA tempat menikah, foto copy KTP suami dan istri, foto copy KK (Kartu Keluarga, foto copy surat kematian (jika salah satu sudah meninggal) dan membayar biaya perkara.

"Setelah keluar penetapan dari PA, maka bukti penetapan itu bisa dibawa ke KUA Kecamatan terkait untuk mendapatkan buku nikah,"pungkas Izzami.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top