Sabtu, 21 April 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Zola: Peran Ibu sangat Penting dalam Sebuah Keluarga

Rabu, 20 Desember 2017 17:01:47 wib
Ilustrasi Ibu dan Anak/Foto: Pixabay.com

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengungkapkan, ibu memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah keluarga, karena ibu memiliki tanggung jawab besar atas terciptanya sebuah keluarga yang harmonis dan sejahtera, serta menciptakan sebuah surga tersendiri bagi seluruh anggota keluarga. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Zola pada acara Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (20/12/2017) pagi.

“Peran ibu sangat penting sekali dalam sebuah keluarga, ketika anak-anak remajanya sedang mengalami masalah, anak tersebut akan menceritakan masalah tersebut kepada keluarga untuk mengadu dan meminta masukan, di sinilah peran seorang ibu sangat penting sekali untuk mengayomi anak anaknya,” tutur Zola.

Gubernur Zola menjelaskan, sebuah surga dalam keluarga akan tercipta dalam sebuah keluarga jika memiliki ibu dengan kriteria sebagai berikut, pertama adalah ibu yang taat kepada ajaran agama untuk bisa membimbing anak-anaknya, kedua adalah ibu yang cerdas untuk memberikan edukasi kepada anak anaknya, dan yang ketiga adalah ibu yang cerdas dalam memberikan gizi bagi anak anaknya.

“Kita semua mengetahui bahwa keluarga merupakan tahapan pertama bagi anak-anak dalam mendapatkan sebuah pelajaran, keluarga merupakan pondasi yang sangat mendasar bagi anak anak, selanjutnya baru dari lingkungan sekitar, dan di sinilah seorang ibu sangat berperan sangat penting sekali dalam mewujudkan itu semua, tanpa seorang ibu semuanya tidak mungkin dapat terwujud,” terang Zola.

Gubernur Zola menyampaikan, peran dari organisasi wanita, baik itu PKK, BKOW maupun organisasi lainnya sangat penting untuk dapat memberikan bimbingan kepada para ibu yang ada di Provinsi Jambi, agar menjadi ibu yang hebat dan berkualitas. “Melalui ibu-ibu yang hebat dan berkualitas ini, sama saja dengan kita mempersiapkan generasi muda Jambi yang berdaya saing,” pungkas Zola.

“Untuk menciptakan ibu-ibu yang hebat dan berkualitas ini, tidak bisa kita wujudkan dalam sekejap, karena tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah, yaitu bagaimana kita bisa mengubah pola pikir masyarakat di daerah masing-masing, tentu itu semua butuh komitmen. Saya berharap dari organisasi organisasi wanita di Provinsi Jambi memiliki program yang sinergitas dalam membimbing ibu-ibu yang ada di Provinsi Jambi, tentu juga didukung dengan ibu-ibu pengajian, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi,” ujar Zola.

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengatakan, peringatan Hari Ibu merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah, peran, serta pengabdian kaum perempuan dalam kehidupan keluarga, bangsa dan negara. Momentum ini juga sebagai refleksi dan renungan untuk semua, terhadap upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi positif yang telah ditunjukkan kaum perempuan di Provinsi Jambi, baik secara individu maupun melalui berbagai organisasi wanita yang ada, mulai dari GOW, PKK, BKOW, Dharma Wanita, Bhayangkari, IWAPPI, Koalisi Perempuan Indonesia Jambi, dan berbagai organisasi perempuan lainnya,” kata Zola.

Gubernur Zola mengemukakan, peringatan Hari ibu ke 89 ini mengambil tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya,” ini didasari oleh situasi dan kondisi bangsa yang saat ini sedang menghadapi situasi darurat terhadap kekerasan perempuan dan anak, melalui kerjasama, gotong royong dan bahu membahu dari semua pihak, diharapkan dapat menghentikan dan menghindari  semua bentuk kekerasan dalam rumah tangga, baik itu kekerasan yang dialami perempuan maupun yang dialami oleh anak.

“Saya mengajak masyarakat dan semua pihak, mari kita dukung dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk maju dan memberdayakan diri, selama hal itu dilakukan secara positif dan bermanfaat. Saya juga mengingatkan kepada kaum perempuan agar tetap menyadari dan menjunjung tinggi kodratnya dalam keluarga,” ungkap Zola.

Gubernur Zola berpesan kepada kaum perempuan, sukses dalam karir atau pekerjaan apapun, harus sejalan dengan sukses dalam membina keluarga, jangan sampai melupakan tugas dan kewajiban seorang istri bagi suami, maupun ibu bagi anak anak, karena peran seorang ibu dalam keluarga sangat penting, terutama dalam mendidik anak-anak yang menjadi dasar terbentuknya karakter keluarga, masyarakat hingga bangsa.

Turut hadir dalam Puncak Peringatan Hari Ibu tersebut, Wakil Gubernur Jambi, Drs.Dr.H.Fachrorri Umar,M.Hum, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs.H.M Dianto,M.Si, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola, Ketua BKOW Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi, Hj.Neta Aryani Dianto, serta para undangan lainnya. (Richi/Mustar/Humas Pemprov Jambi) 

KOMENTAR DISQUS :

Top