Sabtu, 20 Januari 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Zumba Dance, Manfaatnya Bukan Cuma untuk Kesehatan Fisik Saja

Minggu, 17 Desember 2017 06:01:24 wib
Zumba memberi banyak manfaat./Copyright play.google.com/store/apps/zumba dance practice

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Jenis olahraga zumba dance pastinya sudah tidak asing di telinga kita, ya ladies. Olahraga yang mengombinasikan gerakan dance dan aerobik yang diiringi dengan musik energik ini memang sangat seru. Selain seru, zumba juga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari boldsky.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan zumba rutin selama 5 minggu tak hanya bikin tubuh lebih bugar. Tapi juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan kualitas hidup. Apalagi buat kamu yang sehari-harinya bekerja dengan komputer dan kurang gerak, olahraga zumba bisa jadi alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Dalam penelitian tersebut, partisipannya adalah orang-orang yang memiliki gaya hidup sedentari (kurang aktif bergerak). Para partisipan kemudian mengikuti program melakukan zumba selama 5 minggu. Mereka pun merasakan bahwa zumba sangat bermanfaat meningkatkan kualitas hidup, khususnya pada aspek emosi.

Ketua penelitian Yaira Barranco Ruiz dari University of Granada (UGR) di Spanyol mengatakan dimensi emosi yang tadinya berada di posisi paling rendah di awal program latihan menjadi yang paling tinggi di akhir latihan. Bahkan 2 bulan setelah program tersebut selesai, dimensi emosi yang dirasakan masih sama seperti seperti di awal program.

Olahraga zumba bisa mempengaruhi sejumlah aspek kualitas hidup, yang meliputi kondisi sosial, emosional, kesehatan mental, hingga kesehatan secara keseluruhan. Gerakan zumba yang aktif dan energik ternyata bisa memberi dampak positif yang luar biasa untuk ketenangan pikiran dan mental. 

Jadi, kapan nih mau rutin olahraga zumba lagi?


(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top