Minggu, 19 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Zumi Zola : Tingkatkan Pembacaan, Penghayatan dan Pengamalan Al Qur'an

Rabu, 13 Juli 2016 09:38:43 wib
Gubernur Jambi, H Zumi Zola, Kakanwil Kemenag Jambi, H Tahir dan Bupati Merangin, H Al Haris menekan tombol sirene pembukaan MTQ ke-46 Provinsi Jambi di Merangin.

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Gubernur Jambi, H Zumi Zola STP MA menghimbau masyarakat untuk meningkatkan pembacaan, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur'an. Himbauan tersebut disampaikan saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-46 Tingkat Provinsi Jambi di halaman Masjid Agung Baitul Ma'mur, Kelurahan Sungai Misang, Kabupaten Merangin, Selasa 12 Juli 2016 malam.

Gubernur mengatakan, dalam Al-Qur'an telah diatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Hendaknya nilai-nilai Al-Qur'an terus dipelajari dan digali, untuk kemaslahatan hidup masyarakat.

Dia mengungkapkan, Provinsi Jambi memiliki potensi dalam seni membaca Al-Qur'an, dengan berbagai pondok pesantren, madrasah dan dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Karena itu, Zola menghimbau agar seluruh elemen dapat memaksimalkan potensi tersebut.

Pembukaan MTQ ke-46 Provinsi Jambi ditandai dengan menekan sirene oleh Gubernur Jambi, Bupati Merangin H Alharis, dilanjutkan penandatanganan prasasti tugu Al-Qur'an, serta pemukulan bedug oleh Gubernur Jambi.

Kepada wartawan Zumi Zola mengatakan, isi Al-Qur'an harus dapat dipahami, bukan hanya dibaca. "Sebenarnya hidup kita sudah diarahkan dengan panduan Al-Qur'an dan Al Hadits, sudah ada semua di dalamnya. Melalui MTQ ini, semangat itu semakin kita kobarkan. Mudah-mudahan, dari semua kabupaten/kota se Provinsi Jambi akan muncul bibit-bibit baru yang berprestasi, dan juga nanti melanjutkan melakukan syiar Islam," sebutnya Zola.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Jambi, H.Tahir, mengharapkan dengan penyelenggaraan MTQ diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan masyarakat, dan menumbuhkan kegemaran untuk membaca, memahami, dan melaksanakan nilai-niai Al-Qur'an sebagai panduan akhlak.

"Semangat Al-Qur'an mengandung nilai-nilai harmoni dan solidaritas," ujar Tahir.

Tahir mengatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi luar biasa dalam MTQ, diantaranya prestasi yang diraih 2 tahun berturut-turut pada tahun 2014 dan 2015, yakni juara dalam seni baca Al-Qur'an dalam kejuaraan yang dilaksanakan oleh Sultan Arab Saudi yang diraih oleh Putra Pondok Pesantren Yasin Merangin. Atas prestasi tersebut, banyak yang datang dari daerah lain ke Merangin  untuk belajar metodologi havis Qur'an.

Bupati Merangin yang juga Ketua Umum MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Jambi, H.Al Haris menjelaskan, kali ini diikuti oleh 1.200 orang khafilah dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi, dengan 9 cabang yang diperlombakan. Para kafilah ditempatkan di 146 rumah masyarakat di 4 kelurahan.

Al Haris menyatakan, Pemerintah Kabupaten Merangin membuat tugu Al-Qur'an di depan Masjid Agung Baitul Ma'mur, sebagai simbol keagungan Al-Qur'an.

Pemkab Merangin juga membangun Rumah Adat di sebelah Masjid Agung Baitul Ma'mur, dengan tujuan menyandingkan agama dan adat, sesuai dengan slogan Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah. (*)

Editor : E. Septimen Loethfi

KOMENTAR DISQUS :

Top