JAMBIDAILY POLITIK-Partai Demokrat September mendatang akan gelar konvensi untuk menyeleksi calon presiden RI yang akan mereka usung pada Pemilu 2014. Pimpinan Demokrat mengklaim sampai Selasa ini, 13 Agustus 2013, sudah sepuluh orang yang berminat jadi peserta.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, mengungkapkan beberapa orang sudah siap untuk ikut konvensi. Ada politisi, mantan pejabat, purnawirawan TNI, menteri, hingga pengusaha.

“Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Panglima TNI Djoko Santoso, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto, dan pengusaha media Chairul Tanjung,” kata Ruhut.

Anggota Komisi Hukum DPR itu menyatakan hingga kini belum ada perempuan yang siap jadi kandidat. Namun, menurut Ruhut, tak menutup kemungkinan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani juga akan diundang ikut konvensi.  

Ruhut mengatakan, tokoh-tokoh yang sudah menyatakan minatnya ikut konvensi sejauh ini diyakini Demokrat bisa mendongkrak elektabilitas partai. “Konvensi ini gagasan yang sangat brilian dari SBY. Jadi konvensi sangat serius dan siapapun yang lolos sangat bisa mendongkrak elektabilitas partai karena mereka orang teruji,” kata dia.

Komite Konvensi mewajibkan seluruh peserta untuk menandatangani dan mematuhi kode etik yang dirumuskan oleh Demokrat. “Mereka harus tanda tangan satu per satu di atas materai. Kalau ada di antara peserta yang melihat rumusan kode etik itu terlalu berat, itu hak mereka (untuk mundur dari konvensi),” kata anggota Komite Konvensi, Suaidi Marasabessy, Selasa 13 Agustus 2013. (ren) /Vivanews.com