Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Cegah Penyebaran COVID-19, Pertamina EP Tarakan Field Berikan Bantuan ke Pemkab Nunukan

2 min read

JAMBIDAILY NUNUKAN – Dalam upaya memberikan dukungan dan membantu percepatan penanggulangan COVID-19, PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field (PEP Tarakan) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Kabupaten Nunukan merupakan wilayah operasi PEP Tarakan dan menjadi salah satu kabupaten yang memiliki angka positif COVID-19 relatif tinggi di wilayah Kalimantan Utara.

PEP Tarakan memberikan bantuan berupa APD dan masker serta hand sanitizer yang ditujukan untuk para tenaga medis di Kabupaten Nunukan. Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh perwakilan PEP Tarakan, Rudi Dede Ajusman kepada Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura. Proses penyerahan ini dilaksanakan di Kantor Bupati pada hari Senin (4/5).

Bantuan yang diberikan PEP Tarakan berupa 50 set alat pelindung diri (APD) dan 144 botol hand sanitizer. Sebelumnya, PEP Tarakan juga telah memberikan bantuan berupa 250 masker dan 10 liter hand sanitizer.

Legal & Relation Assistant Manager PEP Tarakan Anton Humala Doloksaribu mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah khususnya Kabupaten Nunukan dalam menanggulangi virus COVID-19 yang saat ini tengah berlangsung. Bantuan berupa APD, masker dan hand sanitizer akan didistribusikan kepada para tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus COVID-19.

“Bantuan yang diberikan PEP Tarakan merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dan kepedulian kami kepada tenaga medis yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan. Tenaga medis adalah garda terdepan dalam penanganan COVID-19 sehingga perlu kita perhatikan mengenai keselamatannya,” tutur Anton.

Masih dalam kesempatan tersebut, Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura menyampaikan ucapan terima kasih kepada PEP Tarakan yang telah berkontribusi memberikan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan. “Pada kesempatan ini, kita dari Pemerintah Kabupaten Nunukan dan mewakili gugus tugas COVID-19 mengucapkan banyak terima kasih kepada PEP Tarakan yang telah memberikan bantuan berupa APD, masker, dan hand sanitizer kepada kami. Ini merupakan bantuan yang kedua kali yang diberikan oleh PEP Tarakan dan akan kami salurkan kepada yang membutuhkan,“ ujar Hj. Asmin Laura.

Bupati Nunukan juga menambahkan bahwa kegiatan yang telah dilakukan oleh PEP Tarakan dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut mendukung dalam percepatan penanganan COVID-19. “Semoga apa yang telah dilakukan oleh PEP Tarakan menjadi insiprasi bagi pihak lain untuk turut serta dalam menanggulangi COVID-19 di wilayah Nunukan,” tambah Hj. Asmin Laura.

PEP Tarakan merupakan bagian dari PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus salah satu KKKS bidang hulu migas yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas. PEP Tarakan mengusahakan kebutuhan energi negeri dari wilayah Kalimantan Utara. Data produksi Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir April 2020 year-to-date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PEP Tarakan mencapai 2.077 barrel oil per day (bopd). Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 2.31 million standard cubic feet per day (mmscfd).

Angka produksi minyak mentah PEP Tarakan menyumbang angka produksi Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5) sebesar 11,03% sedangkan gas bumi sebesar 13,09%. Data produksi SOT SKK Migas akhir April 2020 year-to-date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PEP Asset 5 mencapai 18.812 bopd dari target 18.342 bopd, atau realisasi sebesar 102,59%. Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 17.64 mmscfd dari target 14.46 mmscfd, atau realisasi sebesar 121,99%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *