Mon. Sep 28th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042 /Gapu Gelar Video Conference Dengan Dandim Jajaran Terkait Percepatan Penanganan Penyebaran Covid -19

2 min read

JAMBIDAILY TEKNOLOGI – Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Kav M. Zulkifli, S.I.P, M.M., menggelar video conference (Vicon) dengan para Dandim jajaran Korem 042/Gapu dan Ka Korum Yonif Raider 142/KJ terkait Percepatan Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Jambi, Senin (11/05/2020).

Pada Vicon tersebut, para Dandim melaporkan kondisi terakhir wilayahnya kepada Danrem 042/Gapu yang didampingi oleh Kasrem, Dan/Kasatbalak, dan Perwira Staf Korem di ruang C4ISR Korem 042/Gapu, Jambi khususnya tentang upaya percepatan penanganan penyebaran Covid-19 maupun dampak sosial, ekonomi serta kegiatan keagamaan di wilayah masing-masing.

Setelah mendengar laporan dari para Dandim di masing-masing wilayah, Danrem 042/Gapu memberikan dukungan dan apresiasi atas upaya dan kinerja satuan dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 di wilayah termasuk upaya mengantisipasi dampak sosial ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19.

Danrem juga memerintahkan para Dandim agar mendata Prajurit, PNS dan Keluarga yang mengkomsumsi obat dalam waktu lama dan komunikasikan dengan dokter terkait, para Komandan Satuan agar terus menekankan kepada anggotanya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, gunakan sarung tangan tetap melaksanakan sosial distancing serta pastikan seluruh anggota dalam keadaan sehat.

Lakukan upaya-upaya membantu pemerintah Daerah mencegah penyebaran Covid-19 di masing-masing wilayah, bangun sinergitas dengan seluruh pihak, berkoordinasi lintas sektoral serta terus berikan sosialisasi, edukasi dan imbauan kepada masyarakat untuk mentaati dan melaksanakan semua imbauan dan kebijakan pemerintah, tegasnya.

Selanjutnya, menurut orang nomor satu dijajaran Korem 042/Gapu ini, yang harus menjadi perhatian kita, yakni membantu Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi kesiapan Cadangan Sembako manakala pandemi Covid-19 ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

“Dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang ada di wilayah yang dapat digunakan untuk mendukung kesiapan pangan seperti pengawalan dan pendampingan terhadap kegiatan pertanian mulai proses semai, tanam sampai panen dan penanaman kembali khususnya Pajale (padi, jagung, kedelai) termasuk hasil pertanian lainnya termasuk sektor lainnya seperti perikanan, peternakan, perkebunan serta memanfaatkan lahan tidur yang ada di satuan guna mendukung ketahan pangan dan bagi rumah-rumah Dinas wajib memanfaatkan pekarangan atau menggunakan media polybag untuk menanam sayur-sayuran guna mendukung kesiapan logistik dan cadangan kebutuhan masyarakat selama pandemi Covid-19,” jelas Danrem.

“Hal tersebut harus dilakukan terus menerus sehingga dapat menggugah setiap elemen masyarakat untuk dapat mengoptimalkan perannya sesuai tugas fungsi dengan harapan dapat mendukung segala upaya percepatan penanganan penyebaran virus covid-19” jelasnya.

Selanjutnya Danrem kembali menekankan bahwa Program “Garuda Putih Peduli Sesamo” dimulai dari diri pribadi masing-masing kepada warga sekitar tempat tinggal sesuai dengan kemampuan yang ada, berdayakan Babinsa untuk memotivasi warga yang mampu membantu warga yang kurang mampu. Serta bantu pemerintah dalam mengamankan Jaringan Pengaman Sosial dan pastikan penerima bantuan tepat sasaran, tegas Danrem.

Diakhir rapat, Komandan Korem berencana akan mendirikan Panti Asuhan di Makorem prioritas untuk menampung anak-anak anggota yang orang tuanya telah meninggal atau yang kesulitan ekonomi dalam membiayai pendidikan anak-anaknya, pungkasnya.

Ikut pada kegiatan tersebut, Kasilog Korem 042/Gapu, Kasrem 042/Gapu beserta Perwira Staf Korem, dan para Dan/Kasatbalakrem 042/Gapu. (Penremgapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *