Sat. Sep 19th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Yuk Ketahui Manfaat Jahe Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Pandemi Korona

3 min read

Gustia Mega Putri

JAMBIDAILY JURNAL – Kondisi bumi saat ini dalam keadaan yang sangat tidak baik. Bermula dari daerah Wuhan yang pertama kali terinveksi virus covid-19 hingga menyebar keseluruh sudut belahan dunia. Termasuk Indonesia, sudah banyak masyarakat yang telah terinfeksi Virus mematikan ini.

Merebaknya virus Korona atau yang popular dengan istilah Covid-19 di Indonesia saat ini, menimbulkan kekhawatiran pemerintah. Untuk itu pemerintah  menganjurkan masyarakat agar berdiam diri dirumah atau popular dengan istilah baratnya stay at home. Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sedang marak-maraknya terjadi.

Selain untuk berdiam diri di rumah upaya untuk menjaga kesehatan diri pun sama pentingnya seperti social distancing dan physical distancing atau menjaga jarak fisik  dengan orang lain dan juga rajin untuk mencuci tangan Selain langkah-langkah pencegahan tersebut ada satu hal lagi yang harus diperhatikan untuk dilakukan, yaitu menjaga sistem imunitas atau meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat. Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Deshinta Putri Mulya, menyebutkan menjaga imunitas tubuh sangat penting dilakukan di tengah pandemi virus corona.

Dengan ini bisa disimpulkan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk corona.

Tidur yang cukup bukan hanya satu-satu cara untuk menjaga kesehatan apalagi imun tubuh, tetapi dengan meminum ramuan herbal seperti dari jahe juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Pasti banyak yang tidak mengetahui manfaat bahan dapur yang satu ini.  Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan alternatif untuk menjaga imunitas kesehatan tubuh. Bukan hanya menyehatkan, tetapi jahe juga merupakan tumbuhan alami yang aman untuk di konsumsi oleh manusia.

Sebuah penelitian di Institut Pertanian Bogor menemukan bahwa banyaknya jumlah tonikum yang terdapat di jahe bisa meningkatkan selera makan dan menguatkan imun tubuh. Tonikum mempunyai efek untuk memperkuat sistem organ dan menstimulan perbaikan sel-sel pada otot. Di sisi lain, kandungan minyak atsiri pada jahe juga meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi dengan sistem imun yang sehat sangat memungkinkan untuk mengalahkan virus covid-19 yang merugikan banyak orang. Berikut cara-cara membuat ramuan jahe :

Dilangsir dari laman CNN Indonesia ( https://www.cnnindonesia.com/ ) Ahli kuliner Sisca Soewitomo membagikan resep ramuan air jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahan:

  • 150 mg jahe dipotong kecil
  • 150 ml air
  • 1 buah daun pandan
  • 5 sendok gula merah, dapat diganti dengan gula putih
  • sedikit kencur

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dalam wadah untuk direbus
  2. Rebus ramuan air jahe hingga mendidih
  3. Diamkan ramuan hingga hangat
  4. Ramuan jahe yang hangat dapat langsung diminum

Pasti ada diantara kita yang tidak menyukai minuman herbal atau minuman seperti jamu ini. Ada opsi lain yang bisa digunakan untuk orang-orang yang tidak suka dengan racikan ramuan jahe seperti cara diatas. Untuk membuat minuman herbal dari jahe dengan Opsi lain ini adalah sebagai berikut :

  • Siapkan bahan seperti teh dan jahe.
  • Kemudian buat 1 gelas teh dan tumbuk jahe sebanyak 2 ruas jari tangan atau 150 mg jahe.
  • Setelah itu masukkan tumbukan jahe tersebut ke dalam teh.
  • Teh jahe sudah siap untuk di minum.

Dengan meminum ramuan air jahe setiap hari sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari berbagai virus, termasuk virus corona. Tetapi juga perlu diketahui minum air jahe umumnya aman. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, akan ada efek samping yang bisa menimbulkan sakit perut, perut kembung terasa panas, hingga mulas dan diare. Anda tak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Konsumsi jahe dalam bentuk apa pun juga dikhawatirkan menimbulkan interaksi berbahaya jika anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. Maka, jika anda adalah salah satunya, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum air jahe. Jadi, dari semua ini kita bisa melihat ada efek samping yang dirasakan jika kita mengkonsumsi racikan jahe secara berlebihan. Cukup sehari sekali tetapi rutin untuk setiap hari. Sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Mari cegah penyebaran virus covid-19 dengan cara menghindari paparan virus tersebut, seperti berdiam diri di rumah dan mencuci tangan sesering mungkin. Selama menjalankan #SehatDiRumah atau #Stayathome ini, kita juga bisa memperkuat benteng sistem imun tubuh agar tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit.

 

Ditulis Oleh
Nama: Gustia Mega Putri
Mahasiswa UIN STS Jambi
Jurusan Satsra Inggris

 

*Isi Artikel menjadi tanggung jawab penuh penulis, termasuk Sumber dan referensi yang dicantumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *