Fri. Jun 5th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tanggap Dampak Covid-19, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field Gelar Bakti Sosial

3 min read

JAMBIDAILY TARAKAN – Wabah pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Kebijakan PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Tarakan dalam rangka penyebaran Covid-19 secara tidak langsung memberikan dampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Kota Tarakan.

Melihat hal tersebut, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field sebagai perusahaan BUMN terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang berada di wilayah operasi perusahaan. Salah satu daerah yang menjadi operasi perusahaan adalah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Dalam kesempatan ini, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field memberikan bantuan berupa 20 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu dan lansia di Kabupaten Nunukan. Sabtu,(16/5/20). Kegiatan ini juga didukung oleh jajaran TNI Dandim 0911 Nunukan, Polres Kabupaten Nunukan, Komunitas Tunon Taka Mountain Cycling (TMB), dan Nunukan Cucling Community(NCC).

Selain itu, Tarakan Field juga memberikan bantuan kepada Desa yang berada di wilayah terisolir, salah satunya adalah Desa Tepian yang juga masih berada dalam wilayah operasi kerja perusahaan.

Desa Tepian terletak di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, merupakan daerah yang termasuk dalam 3T (Tertular, Tertinggal dan Terdepan). Karena lokasinya yang jauh dan sulit diakses, Desa tepian hanya dapat ditempuh dengan menggunkan transportasi air yang membutuhkan 1,5 jam perjalanan dari kota Tarakan untuk sampai di Desa Tepian.

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Tepian adalah Nelayan, mereka mengandalkan penghasilan dari pekerjaan harian sebagai pencari ikan dan udang, namun karena adanya pemberlakuan PSBB, nelayan tidak bisa menjual hasil tangkapannya ke Pasar karena tidak ada transportasi yang beroperasi sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Sebagai Desa yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, sudah menjadi kewajiban bagi Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field untuk membantu meringankan beban masyarakat Desa Tepian ditengah Pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Desa Tepian berupa 200kg gula pasir, 130 liter solar, 20 hazmat dan 20 face shield. Secara simbolis bantuan diserahkan kepada Bendahara Desa Tepian Arnold. Selasa,(12/5/20).

Arnold mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pertamina EP Tarakan Field yang telah membantu Desa Tepian.

“ Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas kepedulian Pertamina EP Tarakan Field yang telah memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat Desa Tepian. Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat, setidaknya dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi seperti ini, “ ungkap Arnold.

Selain membantu meringankan beban ekonomi masyarakat Kota Tarakan dan Desa Tepian, Pertamina EP Tarakan Field juga memberikan bantuan guna mendukung percepatan penanggulangan Covid-19 kepada stakeholder perusahaan di wilayah Kota Tarakan.

Beberapa instansi yang menjadi stakeholder perusahaan, yakni Kantor Unit Penyelenggara (KUP), Bandar Udara Kelas I Utama Juwata dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III tarakan.

Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field juga telah melakukan kunjungan kehormatan (Marathon Courtesy Call) kepada para stakeholder perusahaan yang dipimpin langsung oleh Field Manager, Agung Wibowo dan didampingi oleh Tarakan Legal And Relation Assistant Manager, Anton Humala Doloksaribu. Selasa,(12/5/20).

Kegiatan ini merupakan ajang silahturahmi kepada stakeholder sekaligus penyerahan bantuan guna mendukung percepatan penanggulangan Covid-19. Bantuan yang diserahkan kepada masing-masing instansi berupa 50 set APD, 20 masker N-95 dan 40 masker kain.

Bantuan diterima langsung oleh kepala KUP Bandar Udara Kelas I Utama Juwata, Agus Priyanto. Dalam kesempatan tersebut, Agus Priyanto menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan akan dipergunakan oleh anggotan petugas pelayanan kesehatan Bandara Juwata Trakan.

“ Kami ucapkan terimaksih kepada Pertamina EP Tarakan Field yang telah memberikan bantuannya. Bantuan ini akan dipergunakan oleh petugas pelayanan kesehatan kami di Bandara, mengingat penerbangan di Bandara Juwata sudah mulai beroperasi kembali per tanggal 10 Mei 2020,” tutur Agus Priynto.

Tarakan Legal And Relation Assistant Manager, Anton Humala Doloksaribu menyampaikan seluruh Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk tetap berkontribusi kepada masyarakat ditengah pandemu Covid-19.

“Seluruh Kegiatan bakti sosial merupakan wujud komitmen dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan stakeholder guna membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid -19 dan mendukung percepatan penanggulangan Covid-19. Semoga bantuan yang kaki berikan bermanfaat dan dapat digunakan untuk keperluan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” pungkas Anton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *