Fri. May 29th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Yuk Cegah Penularan Covid-19 Dengan Cara Simpel Ini

3 min read

Dwi Astuti

JAMBIDAILY JURNAL – Sejak pertama kali merebaknya corona virus atau covid-19 tepatnya di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, dunia dibuat gempar dan khawatir karena cepatnya proses penyebaran dan penularan virus tersebut. Terlebih lagi belum ditemukannya vaksin atau antivirus yang cocok untuk penyembuhan bagi pasien yang terpapar covid-19. Hal ini membuat dunia medis kwalahan menangani pasien yang terpapar covid-19, Setiap harinya ratusan bahkan ribuan orang positif covid-19.

Melansir dari liputan6.com, Jakarta – Ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono mengungkap data asal mula penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia. Ini menjadi kabar yang tidak menyenangkan di awal tahun 2020 bagi masyarakat Indonesia, dan sangat berdampak terhadap masyarakat misalnya di sektor ekonomi, pendidikan, dan hampir mencakup semua sektor.

Covid-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terpapar covid-19, bisa melalui bersin atau batuk dari orang tersebut. Selain itu kita juga dapat terinfeksi virus ini apabila tanpa kita ketahui telah menyentuh permukaan suatu benda yang terkontaminasi virus ini lalu tanpa kita sadari kemudian tangan kita menyentuh area wajah, seperti hidung, mata, dan mulut. Gejala covid-19 ini dapat berupa demam, batuk, dan sesak nafas. Karena virus ini menyerang sistem pernafasan pada manusia, dapat juga menyebabkan seseorang mengalami radang paru-paru. Virus ini akan semakin berbahaya apabila terkontaminasi terhadap orang yang menderita penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dll.

Meskipun belum ditemukannya vaksin atau antivirus yang bisa digunakan untuk menyembuhkan virus ini, bukan berarti kita menyerah begitu saja terhadap keadaan. Dunia medis sedang mengupayakan untuk segera menemukan vaksin untuk virus ini, lalu kita sebagai masyarakat apakah hanya bisa menunggu dan berdiam diri? Tidak, kita bisa membantu para tenaga medis dengan cara melakukan hal-hal sederhana yang bisa mencegah kita terinfeksi oleh virus ini. Banyak cara simpel dan mudah yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari virus ini, meskipun tidak bisa menyembuhkan setidaknya kita telah berusaha mencegah diri kita terinfeksi dari virus ini dan mengurangi jumlah korban yang terpapar covid-19.

Untuk mencegah penyebaran covid-19 yang semakin meluas untuk itu kita harus mengikuti protokol pemerintah yaitu dengan trend di rumah aja demi keamanan diri sendiri dan orang lain. Beberapa cara simpel mencegah covid-19 diantaranya:

  1. Tetap dirumah saja, keluar rumah jika benar-benar perlu dan jika bertemu seseorang harus melakukan jarak aman minimal 1 m.
  2. Memakai masker jika sakit atau akan berpergian keluar rumah agar terhindar dari penyebaran virus tersebut.
  3. Rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun atau gunakan Hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60 persen. Kapan kita harus cuci tangan? Sebelum dan sesudah makan, setelah bersentuhan dengan hewan, setelah batuk atau bersin, bukan hanya itu saja terlebih pada saat setelah BAK maupun BAB harus mencuci tangan sebab kotoran ditinja ini akan mempengaruhi kesehatan kita.
  4. Makan makanan yang bergizi dan banyak minum air putih, ets… makanan yang bergizi tidak selalu mahal yaa, yang penting disetiap makanan tersebut ada nutrisi yang terkandung sehingga dapat membuat tubuh kita semakin sehat dan mampu menjaga imunitas tubuh kita.
  5. Rutin berolahraga dan tidur yang cukup (8 jam).

Kita juga dihimbau untuk menunda ke dokter umum, kecuali terdapat keluhan seperti dibawah ini:

  1. Ketika demam lebih dari 2 hari dan sudah minum obat penurun demam tetapi demamnya naik turun.
  2. Bayi dan balita yang mengalami kejang demam.
  3. Mengalami sesak napas yang tidak bisa diatasi dengan obat yang biasa dikonsumsi.
  4. Mengalami penurunan kesadaran atau kelemahan anggota gerak.
  5. Mengalami dehidrasi yang di sebabkan muntah diare yang tidak bisa diatasi dengan obat umum dan larutan oralit.
  6. Mengalami kesakitan yang sangat sakit dibagian tubuh yang memerlukan obat pereda sakit.
  7. Mengalami kecelakaan dan menderita luka robek.
  8. Bila berobat karena batuk/pilek agar memakai masker dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan.

Jadi tidak ada salahnya bagi kita untuk mentaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna menghindari dan memutus penyebaran covid-19 sehingga kita dapat menjalani kehidupan sebagaimana biasanya.

 

 

Ditulis Oleh
Nama: Dwi Astuti
Mahasiswa UIN STS Jambi
Jurusan Sastra Inggris

 

*Isi Artikel menjadi tanggung jawab penuh penulis, termasuk Sumber dan referensi yang dicantumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *