Mon. Sep 28th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Korem 042/Gapu Simulasi Pemulasaran Jenazah COVID-19

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Korem 042/Gapu, menggelar pelatihan dan simulasi pemulasaran jenazah korban virus Corona (COVID-19), di tribun lapangan Upacara Makorem 042/Gapu Jambi, Rabu (27/05/2020).

Pemulasaran Jenazah adalah proses perawatan jenazah Pasien menular mulai dari pemindahan ke kamar jenazah hingga pemakaman jenazah.

Kegiatan tersebut diberikan oleh PNS Aritonang dari Tim Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) RS TK. IV dr. Bratanata Jambi, dan turut diikuti oleh personel dari Makorem 042/Gapu, Kodim 0415/Batanghari serta dari Yonif Raider 142/KJ.

Sedangkan kegiatan tersebut dipimpin oleh Pasi Ren Mayor Inf Liswar dan di dampingi oleh Kabintal Rem Lettu Inf Basri.

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Kav M. Zulkifli melalui Pasiren Mayor Inf Lizwar mengatakan, tujuan simulasi tersebut untuk mengatahui kesiapan personel pada saat penanganan jenazah yang terpapar COVID-19.

Dengan adanya pelatihan dan Simulasi pemulasaran jenazah ini diharapkan dapat mengedukasi anggota terkait pemulasaraan jenazah baik Covid-19 atau penyakit menular lainnya. Sehingga, bila diperlukan anggota kita sudah siap untuk melaksanakan pemulasaran jenazah yang ada.

“Pada saat simulasi tersebut mereka diberikan gambaran kejadian real di lapangan, kemudian cara penanganan jenazah korban Corona. Termasuk saat proses mengkafani hingga pemakaman jenazah korban yang diduga terpapar virus Corona,” kata Lizwar.

Dikatakan, semua Satgas yang menangani atau pengurusan jenazah terpapar virus Corona (COVID-19), harus dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) atau sesuai Standar Opersaional Prosedur (SOP) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kami menghimbau seluruh masyarakat Jambi, untuk tidak panik terhadap musibah ini. Jika korban terpapar COVID-19, masyarakat jangan melakukan penolakan untuk dikuburkan di tempat pemakaman umum (TPU) atau keluarga, karena semuanya sudah melewati SOP,” pungkasnya. (Penremgapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *