Sat. Sep 26th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pertamina EP Adera Field Sambangi 35 Posko Gugus Tugas Covid-19

3 min read

JAMBIDAILY ADERA – PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target yang telah ditetapkan. Pada masa pandemic Covid-19, PT Pertamina EP juga konsisten bersinergi dengan pemangku kepentingan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Salah satunya yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Asset 2 Adera Field melalui Gerakan Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 dengan program roadshow posko-posko gugus tugas penanggulangan Covid-19 pada bulan April lalu.

Pertamina EP Adera Field memberikan bantuan berbagai macam keperluan posko gugus tugas antara lain hand sanitizer, sarung tangan, masker, spanduk himbauan dan minuman kesehatan wedang herbal. Adera LR Assistant Manager Abdul Aziz mengatakan bahwa sasaran dalam kegiatan Peduli Penanggulangan Covid-19 Adera Field ini antara lain distribusi untuk 33 posko desa yang berada di wilayah ring I Adera Field dan 2 posko gugus tugas BPBD Kabupaten Pali yang berada di batas kabupaten dalam WKP Perusahaan.

Bantuan tersebut dimaksudkan guna membantu meringankan tugas gugus tugas yang merupakan lini terdepan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Pali. “Tentu saja kita prihatin dengan wabah Covid-19 yang juga melanda indonesia. Namun meskipun kabupaten Pali dimana wilayah kerja Adera Field ini berada belum terjangkit virus mematikan tersebut, kami mendukung pemda setempat untuk melakukan pencegahan terhadap Covid-19 ini,” terang Aziz.

Kedatangan Aziz bersama tim siang itu disambut antusias oleh petugas posko gugus tugas Covid-19. Satu persatu tim dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas sambil memastikan protokol lainnya terpenuhi seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan senantiasa menjaga jarak.

Kunjungan tim Adera Field saat itu mendapatkan apresiasi dari petugas posko. Terutama pada bantuan minuman kesehatan wedang herbal yang diberikan oleh Adera Field, disambut antusias dan sangat senang oleh petugas di posko gugus tugas yang berjaga selama 24 jam tersebut. Menurut Dicky Leonardo salah seorang petugas, mengatakan bila wedang herbal tersebut sangat bermanfaat baginya dan rekan-rekan petugas lainnya. “Naah.. ini (wedang herbal) sangat bermanfaat untuk membantu kami berjaga. Apalagi kopi jahenya dapat menghangatkan badan, selain itu menyehatkan,” ucapnya.

Selain gugus tugas garda terdepan di tingkat desa, Adera Field juga memberikan bantuan serupa kepada kantor, unit tugas dan instansi terkait antara lain 4 kantor kecamatan, 2 kantor polsek, polres, kejaksaan, 4 puskesmas, RSUD dan dinas kesehatan setempat. Selain perlengkapan kesehatan, khusus untuk puskesmas, RSUD dan dinkes, Adera Field memberikan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan sarung tangan, goggles dan boots.

Pimpinan Puskesmas Simpang Babat; Jahara Rumiati, sangat senang atas bantuan yang telah diberikan oleh PEP Adera Field kepada pihaknya. Ia mengatakan bahwa alat-alat kesehatan tersebut memang sedang sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Adera Field atas bantuan yang sudah diberikan. Semoga semua ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” terangnya.

Senada dengan Jahara, Ari Meidiansyah Kepala Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten Pali juga mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan dari Adera Field tersebut. Ia mengaku saat ini kian mengoptimalkan peran petugas Gugus Tugas Covid-19 yang telah dibentuk, untuk mencegah penyakit mematikan itu masuk ke desanya. “Petugas kita berjaga selama 24 jam. Setiap ada warga yang baru pulang atau berkunjung ke desa kita, terutama dari luar daerah diwajibkan untuk singgah ke Posko Gugus Tugas dahulu, di sini mereka diperiksa suhu tubuhnya, serta diminta mencuci tangan dan disemprot disinfektan,” tuturnya.

Sementara itu, Adera Field Manager Hermansyah dalam bincangnya mengatakan bila kegiatan yang dilaksanakan oleh Adera Field tersebut merupakan wujud kepedulian unit yang dipimpinnya sebagai gerakan mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan wabah pandemi Covid-19. Selain itu, PT Pertamina (Persero) secara korporasi telah menginisiasi gerakan Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 yang ditindaklanjuti dengan gerakan nasional yang dilakukan oleh seluruh unit dan anak perusahaan.

“Kami sangat senang bila bantuan yang kami berikan tersebut dapat membantu posko gugus tugas dan stakeholder terkait lainnya. Pandemi Covid-19 ini perlu ditanggulangi oleh semua pihak dan hanya dengan bahu membahu semua pihak lah saya yakin kita dapat melalui semua ini” pungkasnya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *