Thu. Jul 2nd, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peran Mahasiswa dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

2 min read

Ziat Zamzami

JAMBIDAILY JURNAL – Covid-19 atau yang sering kita sebut dengan virus corona, telah menghambat berbagai sektor di seluruh dunia. Beberapa negara di dunia pun telah menerapkan sistem lockdown atau menutup akses keluar dan masuk untuk menekan penyebaran virus ini. Begitu pula dengan negara kita, Indonesia juga sudah menerapkan kebijakan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar dibeberapa wilayah di Indonesia sebagai tindakan mencegah penularan covid-19. Wabah corona sendiri telah melanda Indonesia hampir selama 3 bulan belakangan ini membuat kepanikan di masyarakat sehingga membatasi ruang gerak dalam beraktivitas sehari-hari. Disamping itu, pemerintah juga menghimbau kepada kita untuk mengurangi aktivitas selama dua minggu demi memutus rantai penyebaran covid-19 dan mengajak masyarakat untuk bekerja dan beribadah di rumah.

Akan tetapi, ada sebagian orang yang tidak bisa terus berdiam diri di rumah. Seperti tenaga medis, aparat kepolisian dan relawan kemanusiaan yang juga membantu demi menangani wabah corona ini. Mereka melakukan hal ini bukan berarti pemerintah tidak mampu menangani sendiri wabah covid-19, namun sudah saatnya kita semua ambil bagian dalam membantu mencegah penularan covid-19.

Oleh karena itu sudah saatnya kita para mahasiswa sebagai kaum terpelajar harus ikut ambil bagian dalam mencegah penyebaran covid-19. Dengan catatan tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini kita harus mendukung program pemerintah demi mencegah penularan wabah covid-19. Namun, bukan berarti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja membuat kita bersikap malas dan apatis terhadap lingkungan di sekitar kita.

Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan diri sebagai anak muda, sebagai generasi milenial sekaligus mahasiswa dalam memutus mata rantai virus corona ini, sudah jadi tanggung jawab kita bersama dalam memikirkannya dan melakukan aksi nyata. Dengan demikian kita para mahasiswa diharapkan bisa melakukan hal-hal yang positif ditengah pandemi covid-19 ini. Sebagai contoh kita bisa membuat edukasi kepada masyarakat di sekitar kita mengenai penyebaran virus corona dan bagaimana cara mencegahnya atau dengan cara membuat edukasi lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, kita bisa mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah kita. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menjauhkan kita dari sumber penyakit yang akan menurunkan daya tahan tubuh kita. Sebagai mahasiswa kita dapat menjadi pelopor bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat umum untuk selalu peduli lingkungan.

Masih ada banyak hal positif lainnya yang bisa kita lakukan saat ini dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran covid-19. Selain itu, jangan lupakan pula tugas belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan di rumah. Tentunya kita semua sangat berharap pandemi wabah virus corona ini cepat berakhir agar kita dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.

Mari bersama-sama membantu Indonesia bangkit melawan corona. Selalu ikuti aturan pemerintah, keluar rumah hanya saat dibutuhkan saja dan hindari lah tempat-tempat ramai. Gunakan masker saat keluar rumah dan jangan lupa selalu jaga kesehatan. Stay at home and stay safe.

 

 

Ditulis Oleh
Nama: Ziat Zamzami
Mahasiswa UIN STS Jambi
Jurusan Tadris Bahasa Inggris

 

*Isi Artikel menjadi tanggung jawab penuh penulis, termasuk Sumber dan referensi yang dicantumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *