Sat. Jul 11th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Taman Budaya Jambi, Siap untuk Skema New Normal Dengan Patuhi Protokol Covid-19

2 min read

Gedung Teater Arena TBJ/Foto: Sakti Alam Watir

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ) berbenah dan mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang berjalannya skema ‘New Normal’ atau tatanan kehidupan baru masa pandemi covid-19.

Kepala TBJ, Didin Sirojudin Ssn kepada jambidaily.com (Kamis, 28/05/2020) menyebut masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat.

“Kami tetap menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat, sebagaimana pemberitaan bahwa Fase II, 15 Juni 2020 kegiatan kebudayaan diperbolehkan dengan menjaga jarak. Artinya tidak semua bisa kegiatan seni digelar. Misalkan pergelaran Teater, rasanya tidak maksimal dengan jumlah penonton hanya 10 orang. Intinya kita tunggu adanya petunjuk resmi,” Jelas Didin Siroz.

Didin, mengatakan program-program yang akan berlangsung melihat jumlah besaran apresiator atau penonton yang bakal hadir dalam satu kegiatan “Kegiatan yang bisa karena tidak terjadi penumpukan misalkan pameran seni rupa, workshop dengan jumlah peserta terbatas, atau bisa juga monolog tetapi dengan pola yang berbeda sehingga dapat disaksikan penonton,” Terangnya.

Rencana kegiatan yang digelar ialah sesuai dengan agenda yang sebelumnya telah disusun satu tahun “Agenda yang telah kita susun sejak awal tahun, tetapi tentunya tidak semua. Yang dapat sesuai dengan protokol covid-19, termasuk kami tidak melakukan promosi atau mengundang kehadiran penonton, cukup kalangan terbatas sehingga dapat menekan penumpukan orang,” Pungkas Lelaki yang biasa disapa Didin Siroz.

Sebelumnya, dikutip dari laman ayobandung.com (Rabu, 27/05/2020) menulis bahwa Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan ada tujuh provinsi yang dianggap siap untuk menerapkan New Normal. Biro pers Sekretariat Presiden juga telah merilis 25 daerah yang telah siap melaksanakan New Normal. Ketujuh provinsi itu disebutkan Airlangga akan siap menjalankan tatanan kehidupan baru saat pandemi corona pada 4 Juni mendatang.

Dari keterangan yang disampaikan Menteri Airlangga dalam video conference rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo pada Rabu (27/5/020), data kesiapan new normal untuk tujuh provinsi tersebut berdasarkan data indeks penularan covid-19 (R0) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Adapun 7 provinsi yang disebut telah siap untuk menerapkan New Normal menurut Menko Perekonomian adalah sebagai berikut: 1. Aceh 2. Riau 3. Kalimantan Utara 4. Maluku 5. Jambi 6. DKI Jakarta 7. Jawa Barat

 

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *