Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Korem 042 Gapu Edukasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Secara Humanis

2 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – TNI mendukung penegakan disiplin protokol kesehatan penanganan Covid-19, Hal ini dilakukan berdasarkan arahan Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., saat rapat intern dengan para Dansat melalui Video Teleconference (Vidcon), pada Jum’at (29/5) yang lalu.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Kav M.Zulkifli, S.I.P, M.M., dalam rilis tertulisnya di Kota Jambi, Senin (1/6/2020)

Diungkapkan Danrem, bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 di fasilitas umum seperti rumah sakit dan pasar tradisional, Korem 042/Gapu bersama jajarannya memberikan edukasi dan sosialisasi protokoler kesehatan kepada warga.

Sebelum sosialisasi, para petugas terlebih dahulu  melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat fasilitas umum dan tempat-tempat keramaian untuk mencegah penyebaran virus ini.

Kegiatan edukasi penegakan disiplin protokol kesehatan ini menerjunkan personel TNI, Polri dan Pol PP , dimana keberadaan TNI difokuskan di tempat fasilitas umum dan keramaian seperti Mall, Pasar Tradisional, Terminal, Bandara, tempat Ibadah dan juga tempat rekreasi. Agar warga yang ada di tempat ini lebih tahu dan memiliki pengetahuan yang harus dilakukan dalam meminimalisir penyebaran Covid-19,” ujarnya.

“Selain TNI, Polri dan Pol PP juga dibantu oleh kelompok pelaku ekonomi perdagangan & Dinas instansi terkait beserta tenaga pengamanan setempat juga turut membantu melaksanakan protokol kesehatan terhadap pengunjung,” ungkap Danrem.

Danrem juga memerintahkan para Dandim jajaran agar seluruh Babinsanya yang ada di wilayah untuk mensosialisasikan protokol Kesehatan sebagai salah satu langkah edukasi sehingga penyebaran virus Covid 19 dapat diminimalisir.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa sosialisasi yang diberikan diantaranya mengajak warga untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan selalu menggunakan hand sanitizer.

“Jangan lupa jaga kebersihan dan pola hidup sehat, menjaga jarak (physical distancing), dan hindari interaksi keramaian atau social distancing,” tandasnya.

“Kami juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk tidak ragu menegur sekaligus menasehati masyarakat/warga yang kurang menaati aturan protokol kesehatan,” tutur Danrem

Dirinya berharap, dengan sosialisasi dan taati protokoler kesehatan ini, wilayah Jambi dapat membendung sekaligus penyebaran Covid-19 ini, agar aktivitas warga pun ke depannya tidak terganggu.

“Mari kita sama-sama menaatinya, supaya  tercipta sebuah tatanan hidup normal (new normal) sesuai dengan apa yang masyarakat/warga harapkan,” pungkasnya mengingatkan.

“Ajak masyarakat dengan baik serta hindari terjadinya gesekan dengan pihak manapun,” pintanya.

Disamping itu, Danrem menegaskan lagi selama pelaksanaan kegiatan protokol kesehatan agar di dokumentasikan serta laksanakan koordinasi yang baik dengan Kepolisian dan Instansi lainnya di wilayah masing masing.

“Kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah  kepada TNI dalam penegakan disiplin protokol kesehatan penanganan Covid-19, diharapkan setiap menjalankan tugas yang diberikan laksanakanlah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,  berikan edukasi menggunakan bahasa yang bisa dimengerti dengan cara persuasif dan humanis kepada masyarakat”, tegasnya. (Penremgapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *