Sun. Sep 20th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sinergi Penanganan COVID-19, Pertamina EP Asset 5 Silaturahmi dengan Dandim Balikpapan

2 min read

JAMBIDAILY BALIKPAPAN – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melalui kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) hulu migas Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5) melakukan kunjungan kerja kepada jajaran Kodim 0905/Balikpapan, Selasa (26/05).

Dalam kunjungan tersebut, tim PEP Asset 5 diwakili oleh Security Assistant Manager Budi Darmansyah dan CSR Analyst Hariyanto. Rombongan diterima langsung oleh Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa. Pertemuan berlangsung dalam suasana akrab dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti physical distancing dan mengenakan masker. Dalam pertemuan tersebut, tim PEP Asset 5 mengenalkan gambaran kegiatan operasi hulu migas PEP Asset 5 kepada Dandim yang baru menjabat tersebut serta membahas kemungkinan kerja sama antarinstansi dalam penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Security Assistant Manager Budi Darmansyah memaparkan wilayah kerja operasi PEP Asset 5. “Pertamina EP mendapat tugas dari pemerintah untuk mengusahakan kebutuhan energi nasional, baik dalam bentuk minyak mentah maupun gas. Untuk PEP Asset 5, diberi kepercayaan untuk mengelola lima lapangan minyak yang berada di Sangasanga dan Sangatta di Kalimantan Timur, Tarakan dan Bunyu di Kalimantan Utara, serta Tanjung di Kalimantan Selatan dan Tengah. Minyak mentah kemudian disalurkan ke Refinery Unit V Pertamina Balikpapan untuk selanjutnya diolah menjadi bahan bakar. Kami berharap, dapat mempererat kerja sama dengan TNI yang selama ini sudah berjalan baik, khususnya dalam bidang pengamanan,” ujar Budi.

Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa menyampaikan update situasi keamanan saat ini terkait penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 saat ini khususnya di Balikpapan. “Dengan adanya pembatasan secara sosial memang dapat menekan penyebaran COVID-19. Namun, terdapat kelompok masyarakat yang terdampak karena kebijakan ini, diantaranya warga prasejahtera. Satuan gabungan TNI-Polri beberapa waktu lalu mendirikan dapur umum untuk warga prasejahtera di beberapa titik. Upaya seperti itu perlu dilanjutkan dan akan berdampak lebih besar apabila melibatkan perusahaan-perusahaan, salah satunya Pertamina EP,” ujarnya.

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) melalui Asset 5 mengusahakan energi negeri dari wilayah Kalimantan. Berdasarkan data Sistem Operasi Terpadu SKK Migas bulan April 2020 year-to-date, produksi minyak mentah PEP Asset 5 berkisar pada 18.749 barrel oil per day (bopd) dari target 18.329 bopd, atau realisasi sebesar 102,3% dari target yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan produksi gas berada di angka 17,2 million standard cubic feet per day (mmscfd) dari target 14,4 mmscfd, atau realisasi sebesar 119,6%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *