Tue. Aug 4th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kolonel Inf J Hadiyanto Pimpin Apel Gelar Pasukan Tim Gugus Tugas Covid-19, ini Pesannya

3 min read

JAMBIDAILY, MUARO JAMBI – Berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor : 440-830 tanggal 27 Mei 2020 tentang pedoman tatanan normal baru dan aman Corona Virus Disease (Covid-19), Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Muaro Jambi, melaksanakan Gelar Apel Pasukan di Lapangan Pemda Kabupaten Muaro Jambi, Kamis 4/6/2020.

Kegiatan Apel gelar Pasukan dan New normal Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muaro Jambi tersebut, di Pimpin langsung oleh Dandim 0415 Batanghari Kolonel Inf J.Hadiyanto, S.I.P dan dihadiri oleh Sekda Muaro Jambi M.Fadil Arif, Para OPD serta unsur Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam sambutannya, Kolonel Inf J.Hadiyanto,S.I.P
atas nama Gugus Tugas, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, yang terlibat dalam satuan gugus tugas percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19, baik secara langsung maupun tidak langsung, khususnya dalam rangka penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan di lokasi-lokasi, fasilitas umum non pemerintah, kedepannya yang akan kita hadapi dan jalani secara bersama-sama.

“Saya mengingatkan kepada kita semua,
khususnya bagi rekan-rekan yang akan bertugas melaksanakan penegakan disiplin di lapangan, agar tetap menjaga kesehatan diri
pribadi dan keluarga, karena hal itulah yang mempengaruhi proses kerja kita di lapangan.” Ucapnya.

Selanjutnya Kata Dandim, dihadapkan dengan situasi Pandemi Covid-19 ini, tugas kita kedepan adalah melaksanakan pengawasan terhadap disiplin terhadap Protokol Covid-19 yang sudah kita sosialisasikan sebelumnya, kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri, semua aktifitas sudah mulai dilakukan, artinya seluruh warga masyarakat Kab. Muaro Jambi harus mentaati
protokol kesehatan.

Kemudian, Aktifitas yang sudah dibatasi dan ditutup, kedepan secara bertahap dan berkesinambungan akan diterapkan dan mulai berikan kesempatan untuk melakukan aktivitas, akan tetapi harus memenuhi persyaratan-persyaratan, yaitu persyaratan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Kuncinya adalah meningkatkan disiplin dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, penerapan Sosial Distancing/Physical Distancing (jaga jarak minimal 1-2 meter) cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan tentunya wajib pakai masker saat beraktifitas di luar rumah terutama di fasilitas-fasilitas umum yang besar peluangnya, besar kemungkinan menjadi Cluster penularan Virus Corona.

Kegiatan pengawasan disiplin protokol Covid-19 ini dibuat menjadi dua tahap, yakni tahap pertama melaksanakan sosialisasi selama 2 minggu dan tahap kedua adalah penindakan, pada tahap kedua ini apabila masih ditemukan warga yang tidak disiplin dalam melaksanakan protokol Covid-19, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan Bupati Muaro Jambi. Adapun sasaran pengawasan adalah warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, fasilitas umum seperti pasar-pasar milik Pemerintah Daerah maupun milik swasta, dengan cara melaksanakan patroli secara rutin untuk menegur pengunjung yang tidak menggunakan masker, rumah ibadah, tempat rekreasi, swalayan, angkutan kendaraan, serta lokasi lainnya yang wajib kita antisipasi bersama.

Selain itu fasilitas-fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, Hand Sainitizer, alat pengecek suhu tubuh (thermo gun) dan lainnya wajib disediakan sesuai aturan protokol kesehatan.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada peserta Gugus Tugas Covid-19 yang akan turun ke lapangan, tegakkan disiplin dan aturan-aturan secara persuasive, humanis dan edukatif berdasarkan protokol kesehatan dan edukasi kepada masyarakat, beri pengertian dan jika perlu apabila tidak menurut berikan sangsi-sangsi sosial untuk menumbuhkan kesadaran, seperti pembersihan lokasi pasar dan fasum, apabila menjumpai masyarakat yang ragu terhadap kesehatan dirinya, agar diarahkan ke Puskesmas untuk dilaksanakan Rafit Test dengan gratis.” Kata Dandim.

Diakhir sambutannya ia berharap agar semua warga Kabupaten Muaro Jambi Wajib disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan.

“Gunakan Masker, Jaga jarak dan selalu mencuci tangan.” Tutupnya.

(Dedi Zamora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *