Tue. Sep 22nd, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pertamina EP Lirik Field Berdayakan Petani di Tengah Pandemi

2 min read

JAMBIDAILY PELAWAN – Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif di berbagai lini ekonomi, tidak terkecuali sektor pertanian. Meskipun demikian, tidak menyurutkan semangat kelompok tani Berkat Usaha di Kelurahan Ukui, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan untuk tetap berkarya dan berinovasi.

Kelompok Tani Berkat Usaha merupakan mitra binaan Pertamina EP Asset 1 Lirik Field (PEP Lirik Field). Melalui reaktor cacing, kelompok tani Berkat Usaha mampu menjalankan inovasi bidang pertanian guna membudidayakan cacing dengan teknik vertikultur. Reaktor cacing yang dihasilkan kelompok Tani berkat usaha pada prinsipnya merupakan strategi efisiensi yang diterapkan dalam dunia pertanian.

Ramin Sunarto selaku ketua kelompok mengaku sangat bersyukur atas perhatian dan bantuan dari PEP Lirik Field. Pasalnya kelompok Tani Berkat Usaha merupakan kelompok pertama yang mendapatkan pelatihan dan pembinaan mengenai reaktor Cacing pada tahun 2019.

“Alhamdulillah karena sekarang kelompok kami mendapatkan solusi dalam memenuhi kebutuhan pupuk untuk pertanian dan pakan ternak berupa cacing. Dalam waktu dekat kami juga akan mengembangkan budidaya ayam kampung.”, terang Ramin ketua kelompok Tani Berkat Usaha Kelurahan Ukui, saat ditemui di kediaman, Kamis (4/6).

Dengan menerapkan teknik vertikultur pada reaktor cacing, petani akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus seperti produk cacing yang berkualitas, pupuk vermi kompos serta kemudahan dan murah dalam perawatan.

Senada dengan pernyataan kelompok Tani Berkat Usaha, PEP Lirik Field sebagai salah satu KKKS di provinsi Riau mengaku bangga dan terus berkomitmen dalam melaksanakan pengembangan masyarakat di wilayah sekitar operasi.

“Kami turut berterima kasih atas komitmen kelompok dan dukungan stakeholder di Kecamatan Ukui khususnya, sehingga program tersebut dapat berjalan. Semoga kelompok Tani Berkat Usaha dapat menjadi contoh di Kecamatan Ukui sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat unggulan.” ucap Kurniawan Triyo selaku Lirik Field Manager.

Selain memberikan pelatihan, dukungan nyata PEP Lirik Field diimplementasikan melalui penyerahan bantuan perlengkapan budidaya ayam kampung dan replikasi program reaktor cacing ke Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan adanya replikasi program, diharapkan penerima manfaat program CSR dari Pertamina EP dapat terus berkembang.

“Program budidaya ayam kampung sudah mulai dilaksanakan dan pada semester 2 tahun ini kami harapkan replikasi program reaktor cacing di Kabupaten Indragiri hulu mulai berjalan.”, pungkas Turjasari, Lirik Legal & Relation Assistant Manager.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *