Sun. Sep 27th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Naik Pangkat Brigjen TNI, Danrem 042 Gapu : Pangkat adalah Amanah dari Institusi TNI

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Jambi, Pangkat selalu mengiringi jabatan, bukanlah sekadar penghargaan atau pengakuan, melainkan lebih substantif. Pangkat merupakan amanah dari institusi TNI, Bangsa, dan Negara.

Demikian dikatakan oleh Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli, S.IP, M.M saat menerima Ucapan Selamat atas kenaikan pangkat Brigjen TNI dari beberapa pejabat Forkopimda Provinsi Jambi mulai dari Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi, Ketua DPRD Prov Jambi Edy Purwanto, Kajati Jambi Yudhi Sutoto, SH, Sekda Prov Jambi Sudirman, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Dul Alim, Kabinda Jambi Brigjen Pol Irawan David Syah, Kepala BNNP Jambi Brigjen Dwi Iranto, Kepala OJK Endang Nuryadin, Kepala BPBD Prov Jambi Bayu, Kepala BPKP Provinsi Jambi Dodo, Kepala Basarnas Ibnu Haris dan didampingi oleh Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo, S.H, beserta Perwira Staf Makorem 042/Gapu di Markas Korem 042/Gapu, Jambi, Kamis (11/6/2020).

Lebih lanjut Danrem mengatakan, pangkat memiliki dimensi struktural sebagai lambang kepercayaan atas tugas dan kompetensi yang dipercayakan kepadanya. Sedangkan sebagai amanah, pangkat atau jabatan memiliki dimensi moral yang mencerminkan tanggung jawab yang lebih besar dan dalam lagi.

Pesan moral terpenting dari setiap amanah adalah tanggung jawab yang mesti ditunaikan dengan lunas baik kepada diri sendiri, keluarga dan organisasi TNI, maupun kepada bangsa, negara, dan lebih utama lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya mengucapkan rasa syukur atas kenaikan pangkat yang di berikan Negara kepada saya, ini adalah anugerah dari Allah serta do’a restu orang tua. Dan mohon do’anya agar saya mampu meningkatkan komitmen tugas dan pengabdian sesuai dengan tanggung jawab pangkat yang saya sandang.” “Lebih dari pada itu, dengan jabatan yang saya pangku bisa menjadikan lebih solid, profesional serta dapat menyukseskan tugas pokok TNI,” tambahnya.

Terakhir Danrem berharap, dengan kenaikan pangkat ini semoga menjadi berkah bagi diri saya dan keluarga serta dapat memacu semangat dalam bekerja, juga tidak lupa ucapan terimakasih atas perhatian dan pengorbanan yang diberikan oleh istri sebagai Persit dalam mendukung suami guna melaksanakan tugas sehari-hari sebagai Prajurit TNI, ucapnya.

Terpisah, Kapenrem 042 Gapu Mayor Inf RM Hatta menambahkan bahwa acara Silaturahmi dan Syukuran dadakan ini tetap melaksanakan Protokol kesehatan Covid-19 social Distancing dan wajib menggunakan Masker, acara tersebut dibuat secara sederhana atas kenaikan pangkat Komandan Korem 042/ Gapu yang semula pangkat Kolonel naik satu tingkat lebih tinggi dari pangkat yang lama menjadi Brigadir Jendral TNI.

Kenaikan Pangkat Danrem 042/Gapu sesuai dengan surat perintah Panglima
TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020, tentang kenaikan pangkat kedalam golongan Perwira Tinggi TNI, sebelumnya Danrem 042/Gapu bertolak ke Jakarta mengikuti acara tradisi pelantikan kenaikan Pangkat di hadapan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (9/6/2020)

Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli, adalah pejabat Danrem pertama yang berpangkat Jendral Bintang Satu, semenjak Korem 042/Gapu resmi naik menjadi Korem tipe A tentunya kenaikan tipe A tersebut juga di barengi dengan kenaikan pangkat, sebelum nya saat menjabat masih berpangkat Kolonel, pungkas Hatta. (Penremgapu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *