Sat. Sep 26th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Asian Agri Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Ragam Kegiatan Pro Lingkungan

2 min read

Pelatihan Pembuatan Ecobrick oleh Manager PTU Tatar Simanjuntak

JAMBIDAILY, JAMBI – Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasional di tiga provinsi (Sumatera Utara, Riau dan Jambi), melalui  Corporate Social Responsibility (CSR) menggerakan program pemberdayaan masyarakat di momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2020.

Sebagai wujud dukungan Asian Agri pada Hari Lingkungan Hidup, dengan mengajak masyarakat menggerakan program Ecobrick di areal operasional PT Inti Indosawit Subur (IIS), Jambi.

Ecobrick adalah pemanfaatan botol plastik yang diisi padat dengan limbah plastik untuk membuat blok, yang bisa dimanfaatkan menjadi beragam produk, seperti tempat duduk, pot bunga, dinding  bangunan  dan beragam bentuk lainnya.

Munculnya gagasan membuat Ecobrick dari keprihatinan perusahaan terhadap masih banyaknya limbah plastik rumah tangga yang terbuang.

“Kita mendapat informasi bahwa sampah  di kawasan perumahan karyawan di seputan operasional pabrik Desa Merlung, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang berasal dari limbah rumah tangga  perminggunya bisa mencapai  dua dump truck, dimana kisaran 40% adalah limbah plastik,” ujar Tatar Simanjuntak, Manajer Pabrik Tungkal Ulu.

“Melihat kondisi menumpuknya sampah anorganik tersebut, pada Agustus 2019, kita (Asian Agri) memprojectkan Ecobrick dengan menggandeng dan mengajak masyarakat komplek perumahan karyawan perusahaan,” katanya.

Pada awalnya, program ini diaplikasikan secara internal dengan mengajak karyawan perkebunan bagian kebersihan dengan mengumpulkan sampah botol dan plastik.

“Setelah melalui proses pengolahan, akhirnya dapat dijadikan bahan baku Ecobrick. Dalam satu botol dibutuhkan lebih kurang 50 bungkus plastik,” bebernya.

Menurutnya, hasil olahan Ecobrick dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan tempat duduk. “Untuk awalnya, Ecobrick ini kita buatkan tempat duduk,” ujarnya.

Ia berharap, program Ecobrick dapat membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk masa depan generasi bangsa Indonesia.

“Mudah-mudahan project Ecobrick dapat dilanjutkan dan diperluas ke tengah masyarakat,” ucapnya.

Penanaman Pohon

Di tempat terpisah, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, unit bisnis Asian Agri, PT Inti Indosawit Subur (IIS) melakukan penanaman 1000 bibit pohon di Sempadan Sungai Laniago.

Aksi penghijauan itu merupakan komitmen dan kepedulian perusahaan kebun kelapa sawit yang beroperasi di Pulau Sumatera. Tak hanya itu alasan bagi Asian Agri memprogramkan penanaman pohon, juga untuk mengajarkan bagi generasi muda bangsa begitu pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian disampaikan Manager KSP, Jenni Gunanti; KTU KSP, Syahdan Ryaldi didampingi Asisten Afd, Kevin King dan Adven Sihombing, Rabu (10/6/2020).

Penanaman ribuan bibit pohon berjenis buah-buahan dan pangan mengikuti SOP menggunakan masker dan menjaga jarak antar individu, dipusatkan di sekitar areal Kebun Simpang Perak Grup Buatan PT IIS.

Sekitar areal kebun tersebut terdapat aliran Sungai Laniago, yang sumber airnya masih dipergunakan oleh masyarakat.

“Harapan kedepannya adalah semua orang bisa menjaga alam mulai dari yang terkecil seperti minimal areal kerjanya sendiri,” sebutnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *