Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

CSR Asian Agri “Jembatan Gantung”, Berikan Manfaat Ekonomi Berkelanjutan

2 min read

JAMBIDAILY, TANJAB BARAT – Warga Desa Lubuk Terap. Kec. Merlung, Kab. Tanjabar saat ini benar-benar merasakan manfaat dari Jembatan Gantung Lubuk Terap yang telah di renovasi total oleh PT. Inti Indosawit Subur (PT.IIS) pada 2017.

Sebelumnya kondisi jembatan rusak parah dan sudah tidak dapat di lalui warga, melihat hal tersebut maka PT. IIS berinisiatif melakukan renovasi total agar jembatan tersebut kembali dapat di lalui oleh warga.

Setiap harinya ratusan warga memanfaatkan jembatan gantung ini untuk mengeluarkan hasil bumi dari kebun untuk di bawa ke pasar terdekat.
“Sama dengan warga lainnya, sehari-harinya saya memanfaatkan jembatan gantung ini, untuk mengeluarkan hasil kebun saya yang berada di seberang sungai. Sehingga hasil kebun saya dapat saya angkut dengan cepat untuk dijual guna menghidupi keluarga saya,” ujar Eko Budi Santoso salah seorang pekebun karet dari Desa Lubuk Terap.

Menurutnya, sebelum jembatan gantung ini di renovasi total, kalau hendak kekebun mereka harus menyeberang sungai mengunakan rakit penyeberangan.

“Sebelum jembatan ini direnovasi total oleh perusahaan, dulu bila hendak berkebun kami terpaksa memanfaatkan rakit penyeberangan. Namun, kami bersyukur dengan diperbaikinya jembatan ini, maka sangat memudahkan kami untuk pergi berkebun dan mengeluarkan hasil bumi dari kebun kami yang ada di seberang sungai,” ujar Eko kepada Rudy Jasthon S., Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Jambi.

Menuru Rudy, pembangunan jembatan gantung ini merupakan bagian dari program CSR perusahaan untuk memudahkan akses petani melakukan aktifitas berkebun.

“Sebelum jembatan gantung ini direnovasi total, petani mengalami kesulitan untuk mengeluarkan hasil kebun mereka, karena dengan menggunakan rakit penyeberangan kapasitas yang dibawa terbatas.

Sedangkan kalau via darat mereka harus memutar dan menempuh jarak sekitar 20-25 km. Melihat fenomena ini, maka melalui program CSR, perusahaan merenovasi total jembatan gantung ini agar dapat beroperasi kembali untuk mendukung aktifitas para petani.

Sehingga para petani dapat memaksimalkan hasil kebunnya yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Rudy.
Beliau juga berterima kasih, karena masyarakat juga turut menjaga jembatan ini tetap terpelihara baik.

“Kami juga berterima kasih, karena jembatan yang sudah direnovasi total oleh perusahaan ini masih terpelihara dengan baik. Kiranya jembatan gantung ini dapat terus memberikan manfaat ekonomi berkelanjutan seperti saat ini,” ujar Rudy pada saat melakukan pemantauan kondisi jembatan pada 27 Juni 2020.

(Dedi Zamora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *