Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 0419 Tanjab Perbaiki Toilet Sekolah

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Kuala Tungkal, Penting bagi kita untuk menjaga kebersihan toilet dan mensosialisasikan bahwa kebersihan toilet berpengaruh pada kesehatan pengguna toilet tersebut. Toilet yang tidak rajin dibersihkan akan membuat bakteri dan kuman nyaman untuk bersarang dan bertebaran.

Demikian disampaikan oleh Pasilog Satgas saat memimpin perbaikan Toilet yang sudah tidak layak di gunakan di Sekolah Dasar Negeri 109/X Desa Labuhan Pering yang kebetulan menjadi Poskotis selama TMMD berlangsung di Desa Labuhan Pering, Senin (6/7/2020).

Lebih lanjut Kapten Inf Rohandy menjelaskan bahwa Kuman-kuman di toilet bisa menyebabkan terjangkitnya penyakit, utamanya penyakit yang menular lewat air. Contohnya yang menyebabkan keracunan makanan. Ada juga virus lainnya yaitu, penyakit flu, infeksi diare pada anak-anak, infeksi pernafasan.

Selain bakteri di kamar mandi atau toilet juga terdapat jamur seperti, penyakit yang berhubungan dengan daerah kelamin dan yang menyebabkan cacingan dan bau kaki. Serta banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat toilet kotor, seperti diare, infeksi saluran pernafasan, tifus, dan infeksi saluran kencing, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 109/X Desa Labuhan Pering Kasmin menjelaskan bahwa memang toilet tersebut sudah tidak layak lagi untuk di gunakan bahkan selama ini memang tidak bisa di gunakan, tetapi dengan adanya kegiatan TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab ini kami terbantu dengan bantuan perbaikan Toilet kami ini. Semoga dapat di gunakan dengan baik bagi siswa-siswi nantinya bila sudah dapat sekolah selepas pandemi Covid 19 nanti.

“Terima kasih kepada Satgas TMMD Kodim 0419 Tanjab yang telah membantu merehab Toilet Sekolah. Mudah-mudahan dengan perbaikan toilet ini nantinya anak-anak tidak jauh lagi apabila akan buang air besar/kecil, tutur. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *