Sun. Sep 27th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pengurus PWI Kota Jambi Periode 2020-2022 Resmi Dilantik

6 min read

JAMBIDAILY PERISTIWA – Bertempat di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, digelar acara Pelantikan Pengurus Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Jambi Periode 2020-2022, secara langsung di Lantik oleh Ketua PWI Provinsi Jambi, H. Raden Ridwan Agus Depati, Rabu (08/07/2020).

Prosesi pelantikan berlangsung hikmat, yang dihadiri oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, Dandim 0415/Batanghari Jambi Kolonel Inf J. Hadiyanto, sejumlah pejabat lingkup Kota Jambi, Organisasi Kepemudaan dan para tamu undangan lainnya.

Diawali pembacaan ikrar dan selanjutnya penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua PWI Jambi, Ridwan Agus kepada Ketua Pokja PWI Kota Jambi, Hendry Nursal. Turut hadir memeriahkan acara tersebut, Ketua dan Pengurus PWI se-Provinsi Jambi, tampak hadir Ketua PWI Tanjab Barat dan Batanghari.

Dalam sambutannya, Ketua Pokja PWI Kota Jambi, Hendry Nursal mengatakan, seperti yang telah disiarkan melalui pemberitaan sebelumnya bahwa tanggal 8 Juni 2020 telah terbit SK dari PWI Provinsi Jambi tentang kepengurusan PWI Pokja Kota Jambi.

“Sebelum terbitnya SK, kami melakukan proses pemilihan untuk ketua baru (walaupun melalui daring), namun sebelumnya sempat dilakukan luring untuk susunan pengurus pada 1 Juni 2020 (dan mengalami perubahan beberapa nama),” kata Hendry.

Pada kesempatan ini, Hendry berharap semoga dengan terbentuknya kepengurusan yang baru, organisasi ini akan lebih berkembang, mampu menghasilkan berbagai kinerja yang lebih baik, mengedepankan insan pers berkualitas dengan berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik.

“Selain itu, besar pula harapan kami agar dapat menjadi sosok pengurus yang mampu mengayomi semua anggota dengan sebaik-baiknya. Perlu kami sampaikan, saat ini terdata 45 Orang anggota termasuk 22 pengurus di dalamnya dari 25 Media, yaitu 4 Televisi, 5 Cetak, 1 Radio dan 18 Media Siber,” sebutnya.

Adapun Pengurus PWI Pokja Kota Jambi yang dilantik yakni Ketua Hendry Nursal (Jambidaily.com), Wakil Ketua Endang Heryanto (Jambi Star), Sekretaris M. Hafizh Alatas (Jambi Ekpres), Bendahara Surya Elviza, SS (Jambi Independent) dan wakilnya Yeniti Darma (Media Jambi).

Selain itu juga, Bidang Wartawan Olahraga Ali Ahmadi (Jambi One), Dedi Zamora (Jambidaily.com), Bidang Pengembangan Organisasi Fauzi Yosi (Jambi Ekpres), Rizal Zebua (Jambi Independent), Bidang Hukum dan Advokat Pembelaan Wartawan Ade Putra (Jambi Tv).

Bidang Hubungan dan Kerja Sama Khotib Syarbaini (Jambi One), Ramadhani (Gatra.com), Ferdy Alumunanda (Detik.com), Bidang Litbang, Pendidikan dan Agama Yusnaini (Indonesiadaily.co.id), Ita Rizky (Jek Tv), Bidang Sosial/Kesra Muhammad Akta (Jambi Ekpres), Maskun Sopwan (Jambiline.com).

Selanjutnya, untuk Bidang Seni dan Budaya Bahara Jati (AksesJambi.com) bersama Andri Brilliant Avolda (Jambi Ekpres) serta Bidang Kompetensi Wartawan Dodi Saputra (LKBN Antara) bersama Sandra Agustin (Baik Tv).

Disisi lain PWI Pokja Kota Jambi, pada periode 2020-2022 telah merancang 8 Kali Workshop penulisan, 3 kali Diskusi dan Sarasehan, Kegiatan Ramadhan, Pameran Foto Jurnalistik, Lomba karya Jurnalistik, Malam Seni Wartawan, Olahraga Wartawan dan lainnya.

“Selama 2 tahun kedepan dan sebagai bentuk jawaban Visi kami, yakni semangat muda, untuk lebih meningkatkan profesionalitas insan pers di Kota Jambi. Hal ini juga, sebagai cara agar kami mampu bersaing di tengah derasnya arus informasi, teknologi dan komunikasi,” jelasnya.

Menurut Hendry, berjalan atau tidaknya berbagai program kerja tersebut akan terus diinformasikan sebagai bentuk keterbukaan aktivitas kepada masyarakat, stackholder, dan anggota. Selain melalui siaran pers di media, juga di laman khusus pwikotajambi.com.

“Pokja PWI Kota Jambi ini menjadi Organisasi pers pertama di Jambi yang memiliki laman sendiri, ini sepengetahuan dan pemantauan kami hingga hari ini. Namun, ini bukan untuk disombongkan. Itu semua agar kami dapat menciptakan spirit, dalam mencapai tujuan di PWI Pokja Kota Jambi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi Ridwan Agus dalam kesempatan tersebut, berpesan kepada semua ketua dan pengurus PWI Pokja Kota Jambi yang baru dilantik harus mentaati peraturan dalam berorganisasi dan tentunya juga kode etik jurnalistik.

“Dalam sebuah organisasi, semua pengurus dan anggota PWI wajib menaati aturan serta pedoman dasar organisasi PWI yang ada dan saat menjalani profesi wartawan di lapangan, harus tunduk dan taat pada kode etik jurnalistik,” kata Ridwan Agus.

Menurutnya, selama ini PWI Jambi telah menjalin relasi yang baik dengan mitra kerja seperti jajaran legislatif, eksekutif, yudikatif dan dunia usaha. Terus dorong insan pers di masing-masing daerah turut aktif sebagai bagian dari elemen masyarakat yang mengilhami pembangunan daerah.

“Peran pers bagi pemerintah dan masyarakat sangat strategis sebagai penyampai informasi. Mari bersama-sama, wartawan yang tergabung di PWI terus memajukan organisasi. Jadikan PWI sebagai rumah besar untuk semakin memperkuat silaturahmi,” pungkasnya.

Terakhir, sambutan dari Wali Kota Jambi, Syarif Fasha yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, wujud kehidupan pers nasional yang merdeka profesional bermartabat serta terpenuhinya hak-hak publik yaitu mendapatkan informasi yang benar akurat dan tepat.

“Pada kesempatan ini juga, saya ingin mengajak seluruh insan pers di Kota Jambi agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara. Sekaligus meningkatkan ketaatan kebangsaan pada kode etik jurnalistik ini,” kata Fasha.

Menurutnya, citra kredibilitas dan integritas wartawanyang disampaikan tadi, bahwa ada hak-hak publik itu adalah memperoleh informasi yang tepat akurat dan benar. Dirinya meminta kepada wartawan dan kelompok kerja Kota Jambi untuk menyajikan hak-hak publik ini.

“Jangan sampai, nanti hak-hak publik ini tidak terjadi dengan benar, tidak tersaji dengan cepat dan tidak tersaji dengan aturan. Kenapa, perlu ditekankan banyak sekali berita-berita hoaks yang dilaksanakan oleh kelompok-kelompok komunitas media sosial perorangan dan sebagainya,” ungkapnya.

Biasa-biasanya, kata Fasha informasi-informasi dari komunitas informasi perkembangan ini diadopsi oleh kelompok-kelompok media tertentu dengan tujuan-tujuan tertentu. Ia berpesan kepada semuanya untuk tidak melakukan hal-hal tersebut.

“Saya mengucapkan, selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus Pokja PWI Kota Jambi periode 2020-2022. Semoga wartawan dan media yang ada di Kota Jambi bersama Pemerintah Kota Jambi dapat terus bersinergi untuk membangun Kota Jambi yang tercinta ini,” tutupnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh daerah dan nasional serta beberapa instansi turut mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan PWI Pokja Kota Jambi via video kiriman yang ditampilkan dan disaksikan oleh para tamu undangan, sebagai berikut:

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menyampaikan kepada semua wartawan-wartawan di Jambi khususnya anggota PWI, bisa lebih fokus untuk memberi perhatian pada pembangunan dan juga wartawan bisa berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk membangun kota yang modern.

“Saya mengucapkan selamat telah terpilih sebagai Pengurus Pokja Kota Jambi. Ini merupakan sejarah baru, karena pertama kali dibentuk dan tetap dibawah koordinasi PWI Provinsi Jambi, hanya saja dengan terbentuknya Pokja, tentu semua wartawan-wartawan di Jambi khususnya anggota PWI, bisa lebih fokus untuk memberi perhatian pada pembangunan di Kota Jambi,” kata Atal S Depari.

Pada kesempatan tersebut juga, Atal S Depari mengajak semua pihak terus bahu membahu melawan musibah yang sedang melanda saat ini yaitu Pandemi virus Corona (Covid-19).

“Sekarang ini, kita menghadapi Covid-19, Jambi tidak termasuk cukup parah. Walaupun ada satu orang yang meninggal dunia karena Covid-19. Kita, sebagai wartawan harus tetap komit, kita bersama-sama dengan masyarakat dan pemerintah untuk melawan Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan. Itu pesan saya. Sekali lagi, selamat bekerja semoga PWI Pokja kota Jambi dapat berarti bagi Kota Jambi,” tutupnya.

Hendry CH Bangun, Mantan Sekjend PWI Pusat dan kini selaku Wakil Ketua Dewan Pers turut menyampaikan selamat dan semoga para pengurus dapat bekerja dengan baik untuk kemaslahatan dan kesejahteraan para anggotanya.

Ada juga ucapan dari Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan Komandan Yonif Raider 142 Ksatria Jaya (Danyonif R 142/KJ) yang saat ini sedang bertugas sebagai Dansatgas Pamtas di Belu, jarak dan tugas negara hingga membuat tak bisa menyaksikan secara langsung.

“Selamat atas terpilihnya Hendry Nursal selaku ketua PWI Pokja Kota Jambi, semoga semakin profesional dan terdepan dalam pemberitaan untuk masyarakat kota Jambi,” pesan Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos, MM.

Mantan Komandan Kodim 0419/Tanjab yang kini menjabat Waasops Kodam XVII/Cendrawasih, tak ketinggalan memberikan pesan dan ucapan selamat kepada PWI Pokja Kota Jambi. “Selamat atas pengukuhan PWI Pokja Kota Jambi, tetap semangat dan sukses selalu,” Letkol Inf M Arry Yudistira, SIP, M.I.Pol, M.Han

Diakhir video ucapan, Sandiaga Salahuddin Uno turut menyampaikan ucapan selamat telah dilantiknya Pengurus PWI Pokja kota Jambi Periode 2020-2022.

“Atas nama pribadi saya Sandiaga Salahuddin Uno, mengucapkan selamat atas pelantikan atau pengukuhan PWI Pokja Kota Jambi yang terlaksana di Gedung Griya Mayang kota Jambi. Selamat atas terpilihnya Ketua, Hendry Nursal dan Sekretaris M. Hafizh Alatas serta para pengurus,” kata pria yang biasa disapa Sandiaga Uno.

Selain itu, Pengusaha yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia 2019-2024 yang lalu itu berpesan agar bekerja dan tunjukan kemampuan dengan terus menjaga profesionalitas, taat hukum dan kode etik jurnalis.

“Selamat bekerja dan tunjukan kemampuan saudara-saudara untuk kemajuan organisasi yang kita cintai ini. Saya berharap teman jurnalis muda yang berada di PWI Pokja Kota Jambi, agar selalu profesional, taat hukum dan kode etik jurnalis,” pesan Sandiaga Uno.

Semoga perjuangan teman-teman jurnalis dalam membangun demokrasi di Kota Jambi dan pembangunan Indonesia pada umumnya, senantiasa mendapat ridho dan perlindungan dari Allah SWT.

Selain ucapan melalui video, keterbatasan peserta untuk hadir karena mematuhi protokol kesehatan Covid-19 tak menyurutkan keinginan berbagai kalangan memeriahkan acara pelantikan, melalui papan bunga ucapan terlihat berjejer memenuhi halaman Rumah Dinas Wali Kota Jambi dari OPD, pihak swasta dan berbagai elemen masyarakat.

Berita Terkait:
Ketua PWI Pusat dan Wakil Ketua Dewan Pers: Selamat Bekerja PWI Pokja Kota Jambi

Sandiaga Uno, Sampaikan Ucapan Selamat Atas Dilantiknya PWI Pokja Kota Jambi
Ketua DPRD Hingga Waasops Kodam Cendrawasih, Sampaikan Ucapan Kepada PWI Pokja Kota Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *