Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

PetroChina Jabung Terapkan Kontrol Kesehatan Ketat bagi Seluruh Pekerja di Tengah Pandemi

3 min read

DCIM100MEDIADJI_0097.JPG

JAMBIDAILY KESEHATAN – PetroChina International Jabung Ltd, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas di bawah kendali dan pengawasan SKK Migas, telah menerapkan kontrol kesehatan yang ketat terhadap seluruh pekerjanya, baik di Jakarta maupun di Jambi, di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelangsungan produksi migas di Blok Jabung dengan tetap memastikan kesehatan dan keselamatan para pekerja, keluarga pekerja, serta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah kerja PetroChina.

Sebagai bagian dari kontrol kesehatan dan protokol pencegahan Covid-19, PetroChina mewajibkan seluruh pekerja Jabung Field yang berasal dari luar wilayah Jabung untuk menjalani rapid test, menyerahkan laporan pemeriksaan epidemiologi dan menjalani prosedur karantina sebelum bekerja di lapangan. Selain itu, PetroChina juga melakukan disinfeksi seluruh area kerja secara rutin, mewajibkan penggunaan masker, meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan bahkan mengganti model jamuan makan dari prasmanan menjadi nasi kotak.

Sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin PetroChina, beberapa orang pekerja subkontraktor yang bekerja di wilayah PetroChina Jabung dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test. VP Human Resources & Relations PetroChina Dencio Renato Boele menyebutkan bahwa para pekerja tersebut saat ini sedang menjalani karantina dan berada dalam kondisi baik. Para pekerja tersebut juga telah menjalani swab test dan saat ini PetroChina masih menunggu hasil swab test tersebut.

“PetroChina telah menerapkan protokol kesehatan yang tepat, yaitu dengan mengkarantina para pekerja tersebut di fasilitas yang sesuai. PetroChina juga terus memantau kondisi para pekerja tersebut,” ujar Dencio.

Dencio menjelaskan bahwa ini adalah bukti keseriusan PetroChina dalam memastikan kesehatan semua orang yang bekerja di wilayah PetroChina Jabung. Beliau juga memastikan bahwa PetroChina selalu merujuk kepada informasi yang disediakan oleh badan kesehatan dunia WHO, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional dalam hal penerapan protokol penanganan Covid-19.

BACA JUGA:  Hari Pertama Masuk Kerja, H Al Haris Sidak Pelayanan RSD dan Perizinan

“PetroChina juga selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 di tingkat provinsi Jambi maupun di tingkat kota dan kabupaten untuk memastikan pelaksanaan prosedur pencegahan Covid-19 di sekitar wilayah kerja. Selain itu, PetroChina juga selalu melakukan disinfeksi area kerja secara menyeluruh, baik di Jakarta maupun di Jambi, agar area-area ini aman dari Covid-19,” jelas Dencio.

Saat ini, PetroChina masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah secara penuh untuk karyawan kantor Jakarta. Meskipun berada di rumah, seluruh pekerja tetap diwajibkan memberikan laporan suhu tubuh dan epidemiologi sebanyak tiga kali sehari.

Melalui Gugus Tugas Covid-19 dan para mitra kerja lainnya, PetroChina juga telah menyalurkan bantuan pencegahan Covid-19 bagi para pekerja garis depan dan masyarakat di Jakarta dan Jambi. Bantuan ini meliputi APD, masker medis, layanan disinfeksi wilayah, beras dan paket sembako, serta sarana cuci tangan.

“Kami terus mewajibkan seluruh karyawan untuk selalu menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai petunjuk WHO dan Kementerian Kesehatan,” lanjut Dencio.

Manajemen PetroChina terus berkoordinasi dengan SKK Migas dan institusi kesehatan terkait dalam penanganan Covid-19 di Jakarta dan di Jambi.

KKKS PetroChina International Jabung Ltd. merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan Pertamina dan Petronas Carigali. Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga sebagai operator Blok Bangko di Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *