Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Akses Jalan Digali Pemilik Tanah, Developer Mendalo Residence Terkesan Lamban dan ‘Lepas Tangan’

2 min read

JAMBIDAILY PERISTIWA – Jalan masuk menuju perumahan Mendalo Residence Jalan Zuhdi RT 08 Desa Simpang Sungai Duren, Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muaro Jambi, kini tak lagi bisa dilalui kendaraan roda empat karena diportal dan dibuat lobang oleh pemilik tanah (Kamis, 9/07/2020).

Dari foto-foto dan rekaman video dari salah satu penghuni perumahan yang diterima jambidaily.com (Minggu, 12/07/2020) Lobang digali memiliki kedalaman hingga 80 cm dan lebar 1 meter, hanya menyisakan jalan setapak untuk kendaraan roda dua, sekitar 1 meter.

“Kami warga diperumahan mendalo residence, ini mobil tidak bisa lewat, jalan sudah digali dan terputus. Developer tidak datang-datang, kami warga perumahan mendalo residence tidak bisa lewat. Pertanggung jawaban developer itu mana? ini digali katanya yang punya tanah. Mobil terpaksa bermalam disini, saya harap penegak hukum, pemerintah setempat bantulah masyarakat disini. Saat ini ada dua mobil, masih banyak sore begini karena pulang kerja. Bantulah kami aparat penegak hukum, sudah 8 tahun jalan tanah yang tidak dibantu developer, sekarang diperparah dengan jalan yang digali oleh warga,” Jelas Amri.

Selain Amri, Warga Perumahan Mendalo Residence dibawah naungan PT Rimba Guna Makmur (RGM) mengharapkan adanya respon cepat dari pihak developer mengingat vitalnya akses jalan, apalagi sudah 3 hari belum terlihat datang ke lokasi.

“Saat ini sampai ada 3 portal, kemarin (Kamis, 09/07/2020) sekira pukul: 11.00 wib siang digali. Yang portal ialah warga pemilik tanah yang belum selesai urusannya dengan developer. Ini sudah 8 tahun developer belum ada juga tanggapan nyata, bagaimana solusi terkait jalan. Kami sudah sampaikan ke Kepala Desa Sungai Duren yaitu Mulyadi, namun tidak ada tanggapan yang jelas,” Ungkap Sumber yang kurang berkenan namanya dituliskan.

Mulyadi selaku Kepala Desa Sungai Duren, ketika Coba dihubungi melalui telepon seluler oleh jambidaily.com bernada tidak aktif.

Akses terlihat belum dilapisi aspal hanya tanah kuning dan keras saat kondisi tidak hujan. Dari jalan utama (Jalur Lintas Sumatera) menurut sumber menuju perumahan berjarak sekitar 1,7 KM, dan Letak lobang yang digali berjarak 30 meter jelang sampai ke perumahan yang dihuni sekitar 30 Kepala Keluarga dan beberapa Mahasiswa yang Ngontrak.

“Perjanjian dengan warga desa setempat yang belum diketahui seperti apa, jual beli entah seperti apa, kami selaku pembeli perumahan sejak 8 tahun yang lalu ini dijanjikan akses jalan dan belum ada kejelasan hingga hari ini,” Tegas sumber menambahkan.

Sementara itu Muksinin, Direktur Utama PT Rimba Guna Makmur (RGM) hingga berita ini dipublikasi jambidaily.com belum menjawab telepon walaupun bernada aktif, saat akan dikonfirmasi tentang permasalahan tersebut.

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *