Sun. Sep 20th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Ketua PWI Kota Jambi, Ingatkan Penggunaan Medsos yang Tepat di Webinar Koaliasi Perempuan Indonesia

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Hadir sebagai narasumber dalam ajang Webinar bersama Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jambi, Hendry Nursal, Ketua PWI Kota Jambi ingatkan agar penggunaan media sosial (medsos) tepat dan bermanfaat untuk melindungi anak-anak terutama masa pandemi covid-19 (Senin, 13/07/2020).

Di masa pandemi covid-19, tentu akan lebih banyak khususnya anak-anak berinteraksi terhadap medsos. Sangat dibutuhkan peran bersama agar medsos dapat bermanfaat.

“Media sosial dapat bermanfaat jika penggunaannya tepat, tidak hanya informasi namun juga dapat menghasilkan secara ekonomi contohnya Youtube. Tetapi tanpa pengawasan yang baik maka timbul sisi negatif berakibat fatal terhadap anak-anak, terutama perempuan,” Ujar hendry Nursal.

Medsos juga menurut Hendry dapat memancing pengaruh kehidupan yang berlebihan, dampak dari melihat postingan temannya atau orang lain

“Dalam tanpa kutip, banyak sekali di medsos terkesan pamer dalam tanda kutip. nah…itu dapat memberikan efek buruk pada anak-anak, kemudahan aplikasi juga dapat menjerumuskan mereka ke pengaruh negatif yang lebih jauh lagi. Disini betul ada peran orang tua, tetapi saya secara pribadi kurang sepakat jika hanya orang tua yang menjadi tujuan kesalahan, kita semua punya tanggung jawab besar,” Tegasnya.

Pada kesempatan ini, Hendry membeberkan kepada peserta Webinar untuk dapat memilah pemberitaan dan informasi yang beredar di medsos

“Uji dulu, perhatikan sumber informasi. Kalau dari media maka cek medianya seperti apa, apakah memiliki redaksi yang jelas, berbadan hukum, alamatnya ada. Terpenting berimbang atau tidaknya pemberitaan, terutama terkait kekerasan, pencabulan, pemerkosaan dan lainnya baik korban maupun pelaku yang masih dibawah umur,” Tutur Hendry Nursal.

Peserta Webinar yang didominasi oleh Mahasiswa tersebut juga menghadirkan narasumber; Yuni Anwar M.Si (Pengamat Sosial), Hasminidiarty SE M.Si (Alumni PPSA XXII Lemhanas RI/Preswil Pemuda dan Mahasiswa KPI Jambi) dipandu oleh Ulfa Mahfudz S.Ag M.Pd (Sekwil KPI Jambi).

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *