Mon. Aug 3rd, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SMA Tertua di Provinsi Jambi Melaksanakan MPLS Secara Online

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa/siswi baru merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru. Begitu juga halnya dengan SMA tertua di “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” Provinsi Jambi, yakni SMAN 1 Jambi.

Menurut Dra. Hj. Sapti Sri Rahayu, M.Pd. Wakil bidang Kesiswaan SMAN 1 Jambi, tahun ini MPLS beda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19. Berdasarkan surat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan Provinsi, isinya MPLS tidak boleh dilaksanakan mengumpulkan orang banyak.

“Hal ini berpotensi menimbulkan penularan Covid-19, apalagi saat ini penularan Covid-19 memasuki masa puncaknya,” jelas Hj. Sapti Sri Rahayu.

Lanjutnya, Ia pun berembuk dengan tim kesiswaan, pembina dan pengurus OSIS. MPLS harus tetap dilaksanakan, karena ini sangat penting bagi siswa untuk mengenal lingkungan sekolah yang baru. Dimana letak ruang kepala sekolah, majelis guru, tata usaha, perpustakaan, kelas, dan lain sebagainya.

“Tim kesiswaan menyiapkan materi MPLS secara daring/online mulai 13 Juli sampai 15 Juli mulai pukul 08.00-12.00. Mereka stand by online di rumah mengikutinya. Setelah itu mengumpulkan tugas yang diberikan secara online juga,” ungkapnya.

Tambahnya materi yang disampaikan secara online yakni, profil sekolah mulai dari gedung, kepala sekolah, wakil, majelis guru, tenaga Tata Usaha, sampai petugas kebersihan. Kemudian untuk materi lain seperti Wawasan Wiyata Mandala, kepramukaan, kesadaran berbangsa bernegara, pendidikan karakter, penyuluhan narkoba, dan lain sebagainya.

“Untuk lebih jelasnya materi MPLS online di web SMAN 1 Jambi, untuk profil sekolah bisa dicari di https://www.youtube.com/watch?v=-cxV2UjhlCE&t=430s. Artinya, siswa baru meski tidak datang ke sekolah, mereka melaksanakan MPLS dirumah,” tutup Hj. Sapti Sri Rahayu, Guru berprestasi Provinsi Jambi tahun 2014. (SB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *