Mon. Sep 21st, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kehadiran TMMD Dapat Mewujudkan Kebersamaan dan Keakraban Dalam Menyukseskan Pembangunan di Pedesaan

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Semakin hari semakin meriah, perkembangan kegiatan TMMD Reg ke 108 Kodim 0419/Tanjab di Labuhan Pering Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur. Kehadiran TMMD Di Desa Labuhan Pering tidak hanya melaksanakan pekerjaan fisik dan non fisik, namun TMMD digelar untuk meneguhkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang makin hari semakin tergerus oleh zaman.

Gotong royong adalah saripati nilai-nilai keindonesiaan dan esensi kultur ketimuran agar dapat terjaga dengan baik, karena disitulah inti dari kekuatan bangsa dalam menjaga persatuan Kebhinekaan, TMMD juga bertujuan untuk menyajikan karya nyata yang berguna bagi warga Desa Labuhan Pering.

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 0419/Tanjab selaku Dansatgas, Letkol Inf Erwan Susanto saat mendampingi Ketua Tim Wasev Mayjen TNI Arif Rahman, M.A meninjau lingkungan Desa Labuhan Pering disaat waktu senggangnya, Rabu (15/7/2020).

Lebih lanjut Letkol Erwan menjelaskan bahwa TMMD ini sebagai upaya pemberdayaan untuk memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi Desa Labuhan Pering agar semakin maju dan mensejahterakan warga.

TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Semangat gotong-royong harus dijaga terus, dan selama ini program TMMD sangat selaras dengan program Pemerintah Daerah, karena sama-sama ingin membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui program TMMD, sangat menonjol di masyarakat, Karena melibatkan rakyat dalam pembangunannya.

Turunnya prajurit TNI AD dalam pelaksanaan pembangunan di desa-desa telah mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, tuturnya.

Program TMMD juga telah menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit TNI. Rakyat merasa bersatu dengan TNI yang melaksanakan kegiatan TMMD ini, sehingga pandangan masyarakat itu sangat baik sekali.

“Kehadiran TMMD menjadi modal demi terwujudnya kebersamaan dan keakraban dalam menyukseskan Pembangunan di Pedesaan,” ujar Dansatgas.

Berbagai tanggapan pun muncul dari warga Desa Labuhan Pering, salah satunya dari Ambok Enreng (30) mengungkapkan bahwa kekuatan militer bukan hanya diukur dari lengkapnya persenjataan, tapi lebih dari itu yaitu bagaimana TNI bisa berbaur dengan rakyat untuk bekerja dan membuat kesejahteraan lebih merata, itu merupakan kekuatan yang sama sekali tidak bisa dipandang enteng.

Kepala Desa Labuhan Pering, Mukhtar juga menyampaikan “Program TNI Manunggal Membangun Desa sangat positif untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan, Desa merupakan sumber penyuplai bahan pangan nasional. Itulah kekuatan kita sesungguhnya,” ungkapnya.

“TMMD sangat positif karena menyentuh kebutuhan rakyat, sepengetahuan saya usulan programnya dari bawah yaitu dari Babinsa, Koramil, Kodim sehingga betul-betul menyentuh kebutuhan rakyat yang ada di lapisan bawah”, tuturnya(*/).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *