Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

TNI Ajari Makna Pancasila Kepada siswa SD Labuhan Pering

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Warga menilai bahwa kebersamaannya dengan TNI pada TMMD 108 adalah pekerjaan berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Seberat apapun tugas yang diemban, dengan kebersamaan warga dan TNI terselesaikan dengan ringan.

“Kami berdoa semoga program ini berjalan lancar dan sukses. Kami mewakili masyarakat Desa Labuhan Pering menghaturkan terima kasih. Semoga Bapak-Bapak TNI di beri kekuatan dan kesehatan di dalam melaksanakan tugas mulia ini,” ucap salah satu warga Desa, Pak Rusli.

Sementara, Serma Arman Dedi, anggota Satgas mengenalkan Pancasila kepada anak SD disaat mereka bermain di Poskotis yang kebetulan berada satu lokasi dengan SD Negeri 109/X Labuhan Pering.

Menurut Serda Dedi, sila ke-3 dan ke-5 dalam Pancasila yaitu Persatuan Indonesia dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengandung makna bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan golongan.

“Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia, maka kita harus jaga bersama. Hal ini dengan mengamalkan sila-sila Pancasila, terutama sila ketiga yang mempunyai makna untuk persatuan bangsa indonesia. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bersatu untuk kesatuan bangsa Indonesia yang merupakan negara yang memiliki bangsa, ras dan agama,” ujarnya.

Sila ketiga sangatlah tercermin dari adanya sikap untuk menghargai dan menghormati sesama warga negara sehingga tercipta rasa damai dan tentram dalam hidup berbangsa sehingga dapat mewujudkan sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Rahma, Siswi Kelas V SD Negeri 109/X Labuhan Pering mengatakan, senang dengan kehadiran anggota TNI di sekolahnya terlebih memberikan ilmu pengetahuan tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan.

“Saya jadi tahu dengan pengamalan sila Pancasila sebenarnya. Setiap hari saya akan mengamalkan sila Pancasila ini karena besar sekali manfaatnya untuk kehidupan,” tutur Rahma.(*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *