Sat. Sep 26th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu : Pencegahan Karhutla Hendaknya Dilakukan Sebelum Terjadinya Kebakaran

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Untuk efisiennya, Pencegahan Karhutla hendaknya dilakukan sebelum terjadinya kebakaran. Perlu adanya standarisasi peralatan yang harus di miliki Kabupaten/Kota sehingga perlu dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten/Kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla Prov Jambi Tahun 2020 bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi di ruang rapat Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Senin (20/07/2020).

Lebih lanjut Danrem mengharapkan kepada peserta rapat yang hadir, bahwa untuk tahun ini diharapkan ada terobosan penanganan Karhutla. Lakukan tindakan pencegahan karena prediksi dari BMKG bahwa Kemarau akan terjadi pada bulan Agustus dan September.

Untuk itu Tahun 2021 kita siapkan tindakan strategis seperti menyiapkan sarana ketersediaan air melihat pengalaman di tahun sebelumnya menjadi rencana kedepan, ujarnya.

Terakhir Danrem mengatakan bahwa menempatkan pasukan ke lokasi-lokasi rawan Karhutla menjadi langkah pencegahan dan tentunya berkolaborasi dengan klaster yang telah di bentuk serta perlu dukungan riil dari Kabupaten / Kota dalam bentuk penempatan pasukan, pungkasnya.

Agenda Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla di Prov Jambi Tahun 2020 ini, juga mendengarkan arahan Kapolda dan menerima paparan kesiapan Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari tentang Penyusunan rencana kerja dalam penanggulangan Karhutla, Dukungan anggaran dan Kesiapan Personil dan peralatan guna mendukung penanggulangan bencana Karhutla di Prov Jambi.

Rapat diikuti Kalak BPBD Prov Jambi, Kadis Perkebunan Prov Jambi, Kadis Kehutanan Prov Jambi, Kepala BMKG Jambi, Wakil Bupati Tanjab Barat, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Tanjab Timur, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Muaro Jambi, Kapolres, Kalak BPBD dan Asisten 1 Setda Batanghari serta Dandim 0415/Batanghari dan Dandim 0419/Tanjab. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *