Wed. Sep 23rd, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dorong Pertumbuhan Wilayah, Pemprov Bangun Jembatan Rantau Limau Manis

3 min read

JAMBIDAILY TABIR ILIR – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus mendorong pertumbuhan wilayah di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi, salah satunya melalui pembangunan jembatan di Desa Rantau Limau Manis. Hal tersebut dikemukakan Fachrori usai Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Rantau Limau Manis,  di Desa Rantau Limau Manis Kecamatan Tabir Ilir Kabupaten Merangin, Kamis (23/07/2020).

Fachrori menggatakan bahwa pembangunan jembatan di Desa Rantau Limau Manis ini merupakan bentuk perhatian nyata dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam membantu Pemerintah Kabupaten/Kota untuk terus mengembangkan wilayahnya, khususnya bagi Kabupaten Merangin. “Kita sudah berkomitmen untuk membangun Provinsi Jambi dimulai dari desa desa,” ujar Fachrori.

“Jembatan Desa Rantau Limau Manis ini akan dibangun secara permanen, sebelumnya hanya jembatan gantung biasa dan hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda 2. Jembatan ini nantinya dapat menghubungkan 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tebo,” tambah Fachrori.

Fachrori menerangkan, dengan pembangunan jembatan ini, akan meningkatkan akses masyarakat Kabupaten Merangin, yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, serta meningkatkan pertumbuhan wilayah Kabupaten Merangin.

“Kita semua mengharapkan, pembangunan jembatan permanen ini akan membuat lebih banyak komoditas pertanian dan perkebunan masyarakat diangkut menggunakan kendaraan roda 4 sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Tabir Ilir ini, karena mempersingkat jarak tempuh dari Kabupaten Merangin ke Kota Jambi dari Kecamatan Tabir Ilir ini,” terang Fachrori.

Fachrori berharap pengerjaan pembangunan jembatan Desa Rantau Limau Manis bisa selesai tepat dengan waktu yang telah ditetapkan, sehingga masyarakat Kecamatan Tabir Ilir bisa cepat merasakan manfaatnya.

Bupati Merangin, Dr.H.Al Haris,S.Sos,MH menyampaikan, dengan pembangunan jembatan ini, akan mempermudah akses dari Kecamatan Tabir Ilir ke Kecamatan Tabir Timur, serta mempercepat akses ke wilayah Bukit Subur dan sekitarnya, yang sebelumnya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

“Saya melaporkan kepada Bapak Gubernur Jambi, bahwa Kabupaten Merangin telah mendapat banyak bantuan pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Provinsi Jambi karena anggaran APBD Kabupaten Merangin tidak mencukupi untuk membangun seluruh daerah yang luas ini, dengan PAD lebih kurang Rp100 miliar per tahun,” kata Haris.

Haris menuturkan, upaya Pemerintah Kabupaten Merangin dalam membangun infrastruktur antara lain telah membangun 44 buah jembatan, untuk jalan mantap telah mencapai 69,8 persen mendekati target nasional 70 persen, jalan rusak ringan 18 persen, dan jalan rusak berat 11,65 persen.

“Kami sangat mengharapkan anggaran dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jambi, karena peran Pemerintah Provinsi Jambi sangat penting sekali untuk membantu pembangunan di Kabupaten Merangin ini dalam rangka mempercepat pertumbuhan wilayah kami sehingga kedepannya lebih maju lagi,” tutur Haris.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Ir.Muhammad Fauzi,MT., melaporkan, ada banyak kegiatan Dinas PUPR Provinsi Jambi di Kabupaten Merangin untuk Tahun Anggaran 2020 antara lain, pembangunan jalan Dusun Tuo-Jangkat-Koto Gabus, Penanganan jalan longsor di Jangkat, pembangunan jalan simpang Pulau Rengas-Muara Siau dan pembangunan jembatan Rantau Limau Manis yang ada di Kecamatan Tabir Ilir.

“Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp24,2 miliar untuk pembangunan jembatan Rantau Limau Manis ini, memiliki spesifikasi, panjang 90 meter, lebar 4,5 meter, menggunakan 2 segmen dan 1 pilar serta jenis pondasi yang digunakan adalah borfile dengan 2 abutment dan 1 pilar. Waktu pengerjaan jembatan ini 180 hari, semoga bisa selesai dengan tepat waktu,” jelas Fauzi

Fauzi mengharapkan Pemerintah Kabupaten Merangin bisa bersinergi dengan segera menganggarkan jalan yang menghubungkan kedua wilayah ini, baik itu ke Jalan Nasional, Jalan Provinsi maupun Jalan Kabupaten, sehingga Jembatan ini dapat beroperasi secara maksimal.

“Saya juga mengharapkan partisipasi masyarakat sekitar dalam pelaksanaan pembangunan jembatan ini, karena dalam pembangunan ini banyak material yang akan didatangkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat. Untuk itu, mohon bantuan masyarakat sekitar demi kelancaran pembangunan jembatan in,  terutama terkait dengan pengamanan,” tutup Fauzi.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi juga menyalurkan secara langsung bantuan Jaring Pengaman Sosial Covid-19 Provinsi Jambi tahap kedua untuk Kabupaten Merangin sebanyak 3.633 paket bagi rumah tangga yang sangat terdampak Covid-19 berupa sembako senilai Rp350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) dan uang tunai senilai Rp250.000,- (dua rarus lima puluh ribu rupiah. (Richi/edit: Mustar, foto: Agus Supriyanto dan Adi Putra, video: Latib L/Humas Pemprov Jambi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *