Sun. Sep 27th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Latih Pembentukan Sikap Disiplin Dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

1 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Penerapan dan pembentukan karakter yang berdisiplin harus dimulai sejak dini dan berkelanjutan. Sikap disiplin perlu dimiliki oleh setiap orang, bukan terbatas pada mereka yang mengenyam secara formal dibangku-bangku sekolah saja.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter bagi generasi penerus bangsa. Salah satunya dengan pelatihan materi PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Dalam beberapa dekade sebelumnya, sikap disiplin identik/dimiliki oleh institusi tertentu, namun seiring perkembangan waktu dan teknologi, sikap disiplin telah dikampanyekan oleh kelompok-kelompok masyarakat dan sebagian besar menghiasi slogan, spanduk dan himbauan-himbauan yang ada di institusi pemerintah, swasta dan di tempat strategis lainnya.

Pemberian materi baris berbaris secara serius, akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pribadi pelakunya. Selain tumbuh kedisiplinan, kegiatan latihan baris berbaris akan menciptakan rasa tanggung jawab, kekompakan, kerjasama dan rasa kepedulian terhadap sesama.

Hal ini disampaikan Pelda Azhar, anggota Koramil 09/Telanaipura Kodim 0415/Batanghari, saat ia menjadi pemateri di sekolah Teknologi Penerbangan Indonesia Jambi, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, dengan sikap Disiplin, tegap dan tangkas, rasa peduli dan rasa persatuan akan melekat di dalam sanubari, sehingga siswa/i peserta pelatihan senantiasa dapat mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada dirinya secara perorangan hingga hubungan kelompok.

Kegiatan pelatihan di SMK Penerbangan Jambi, selain dijadikan sebagai ajang pembentukan disiplin, juga sebagai kegiatan edukasi bagi generasi / kelompok lainnya tentang penerapan protokol kesehatan yang menjadi kewajiban ditengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, dimana Siswa dihimbau untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan gunakan sabun. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *