Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sudirman Ajak Masyarakat dan Dunia Usaha Pulihkan Ekonomi 

3 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH mengajak masyarakat dan dunia usaha bersama-sama dengan pemerintah untuk memulihkan perekonomian. Pernyataan ini disampaikannya saat menjadi narasumber pada dialog yang “Konsumen Cerdas di Era New Normal”,  Kamis (23/7/2020), di Transmart Jambi. Dialog tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi dalam rangka Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2020.

Sudirman menjelaskan bahwa untuk memulihkan perekonomian bangsa saat ini yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, dibutuhkan kerja sama dan sinergitas, bukan hanya pemerintah saja yang bekerja tetapi didukung oleh dunia usaha dan juga masyarakat. Narasumber lainnya dalam acara tersebut adalah Plt.Kadisperindag Rosnifa, perwakilan BPOM dan OJK.

Dalam sesi wawancara, Pj.Sekda menegaskan komitmen, dalam menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat dan dunia usaha tidak dibiarkan sendiri tetapi pemerintah benar-benar hadir untuk bersama-sama memulihkan semua sektor yang terimbas covid-19. “Saat ini, berdasarkan instruksi dari presiden dan instruksi dari gubernur kita tidak bisa lagi hanya fokus mengatasi Covid-19 tetapi bagaimanapun juga  perekonomian dapat berjalan bersama. Uuntuk itu, pada era adaptasi kebiasaan baru ini, kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Kita mengapresiasi  acara ini dan kita berterima kasih kepada Perindag, Transmart, BPOM dan OJK yang bersama sama pemerintah untuk membangkitkan  semangat baru kepada para konsumen dan produsen, bahwa pemerintah tidak tinggal diam, bahwa pemerintah bersama–sama  berupaya agar aktivitas ekonomi dapat berjalan kembali,” ujar Sudirman.

“Konsumen jika ingin berbelanja silakan patuhi protokol kesehatan, ada pola dengan sistem online silakan dimanfaatkan. Pemerintah mendukung ini, silakan berbelanja seperti biasa secara online atau secara langsung di mall, pertokoan, pasar tradisional dan modern. Diharapkan pada new normal ini kita dapat hidup berdampingan, dan masalah ekonomi dapat berjalan, sehingga kondisi ekonomi kita tidak terpuruk. Untuk itu, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, masyarakat dan dunia usaha untuk bersama-sama membangkitkan kembali ekonomi kita. Sejalan dengan itu, tata kelola baru, kehidupan yang baru dengan menjaga protokol kesehatan, dan yang terpenting adalah bersama-sama optimis agar ekonomi kita tumbuh dan masalah Covid-19 bisa teratasi,” kata Sudirman.

Sudirman menjelaskan bahwa ada beberapa pelajaran penting yang didapat dari terjadinya pandemi. “Jadi dari awal saya sampaikan bahwa ekonomi tetap jalan dan sangat penting adalah menerapkan  protokol kesehatan dimana penggunaan masker tidak lagi hanya untuk saat saat tertentu, budaya jaga jarak, penggunaan hand sanitizer, dan cuci tangan, olahraga, semua ini menjadi budaya hidup. Pandemi ini juga membawa perubahan positif dari sisi teknologi, dimana pembelajaran dan pertemuan rapat menggunakan tele conference, dan guru harus mengaktifkan komputer. Kita berharap pertumbuhan ekonomi dapat naik lagi, karena jika 1 % saja ekonomi bertumbuh maka itu artinya 150-200 tenaga kerja yang bisa diserap. Jika pertumbuhan ekonomi 0 % atau bahkan minus kita harus siap- siap menghadapi  resesi ekonomi,” ungkap Sudirman.

Plt.Kadisperindag Provinsi Jambi Rosnifa menyatakan, telah banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perindag terutama bagi para UMKM yang tentunya mengalami kendala dalam menjual barang hasil produksinya. “Maka, kami mempersiapkan sistem belanja online melalui sangkek.com dan payo belanjo. Saya berharap di masa adaptasi kebiasaan  baru, masyarakat dapat berbelanja kembali sesuai dengan kebutuhan bukan hanya keinginan, dan bagi produsen dapat terus memproduksi barangnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena jika produsen berhenti bekerja maka akan terjadi kekurangan di masyarakat,” kata Rosnifa. (Maria/edit: Mustar, foto: Mulyadi, video: Roni/Humas Pemprov Jambi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *