Sat. Aug 8th, 2020

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

5 Tips Membersihkan Kepala Kambing Sebelum Diolah

3 min read

Cara membersihkan kepala kambing Foto: iStock

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Tak hanya dagingnya saja, bagian kepala kambing juga bisa dijadikan sajian lezat. Sebelum diolah, bersihkan kepala kambing dengan 5 tips ini.

Saat Idul Adha, banyak orang mengolah kepala kambing menjadi berbagai olahan, mulai dari tongseng, tengkleng, gulai hingga krengsengan. Olahan kepala kambing ini tidak hanya populer Indonesia saja.

Ada beberapa negara lainnya yang juga terbiasa mengonsumsi olahan kepala kambing, seperti Iran, Afrika Selatan, India, Maroko dan lainnya. Meski terkesan mengerikan, tetapi kelapa kambing memang lezat saat diracik dengan rempah-rempah.

Namun, kepala kambing harus dibersihkan dengan melewati beberapa proses sebelum akhirnya bisa diolah menjadi masakan. Yang terpenting adalah menghilangkan bulu-bulu dan aroma prengus.

Berikut 5 tips membersihkan kepala kambing sebelum diolah.

1. Bersihkan Bulu
Hal yang pertama dilakukan saat membersihkan kepala kambing adalah menghilangkan bulu-bulu yang menempel. Supaya lebih mudah dan tidak memakan waktu bisa lebih dulu direbus hingga matang. Dengan begitu bulu-bulu di area kepala kambing akan mudah dicabut.

Saat merebus kepala kambing, jangan lupa untuk dibolak-balik agar semua area bulu terendam dengan air panas. Setelah matang, angkat kepala kambing, dinginkan sebentar. Setelah itu baru bisa dicabut bulunya menggunakan tangan.

Atau bisa juga menggunakan pisau tajam atau cutter dengan cara dikerok. Jika masih ada bulu yang sulit dicabut, bisa disiram air panas agar bulu mudah dicabut.

2. Bakar Kepala Kambing
Selain merebus, membersihkan bulu pada kepala kambing juga bisa dengan cara membakarnya. Bakarlah kepala kambing di atas bara api. Saat proses pembakaran juga perlu untuk membolak-balikkan kepala kambing agar terbakar merata. Cara tersebut juga dapat menghilangkan bulu-bulu halus yang menempel.

Setelah cukup gosong, kepala kambing bisa langsung diangkat. Kemudian bulu kepala kambing bisa dibersihkan dengan cara dikerok menggunakan pisau tajam. Putar dan keriklah semua bagian kepala hingga bulu-bulu halus benar-benar hilang.

3. Cuci Kepala Kambing
Setelah semua bulu sudah tercabut, selanjutnya adalah mencuci kepala kambing hingga bersih. Pertama, siapkan air dalam ember. Kemudian masukkan kepala kambing sambil dibersihkan menggunakan tangan. Setelah itu, bersihkan dengan air yang mengalir. Proses ini untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel di kepala kambing. Pastikan semua bagian kepala kambing terkenal aliran air.

4. Rebus Kepala Kambing
Kepala kambing biasanya mengeluarkan aroma prengus, apalagi saat dibakar untuk proses pembersihan bulu. Nah, untuk menghilangkan aroma prengus tersebut bisa dilakukan dengan cara merebus kembali kepala kambing yang telah dibersihkan.

Namun, saat merebus jangan lupa untuk menambahkan beberapa rempah seperti daun salam, serai, laos dan daun jeruk ke dalam rebusan. Proses perebusan ini bisa dilakukan sekitar 30 menit atau sampai aroma prengus tak tercium lagi.

5. Potong-potong Sebelum Dimasak
Setelah aroma prengusnya hilang, kepala kambing bisa dipotong-potong untuk selanjutnya diolah. Biasanya dipotong menjadi beberapa bagian. Selain itu, juga dikeluarkan bagian tertentu seperti mata, lidah dan telinga.

Mungkin bagi sebagian orang bagian tersebut terkesan mengerikan untuk dikonsumsi, tetapi bukan berarti bagian tersebut tidak boleh dikonsumsi. Nah, setelah dipisahkan, bagian mata, lidah dan telinga kembali dibersihkan dengan air bersih.

Tak hanya itu, otak kambing juga bisa dikonsumsi. Namun, pastikan pembuluh darah dan selaput otak sudah dibuang. Sementara bagian-bagian lain cukup dicuci dengan air baru kemudian dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti, gulai, tengkleng, krengsengan dan masih banyak lagi.

 

(raf/odi)/detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *